The Lion King

Jum'at, 11 Mei 2018

15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." (Yohanes 14:15-21)

Ayat Hafalan

16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, (Yohanes 14:16)

Ayo Renungkan

Simba saat itu adalah anak satu-satunya dari Mufasa yang merupakan seorang raja dari kerajaan The Lion King. Karena rasa ingin tahu yang besar, Simba kecil suka menjelajahi hutan-hutan yang berbahaya. Hingga suatu hari ia bertemu dengan musuh-musuh ayahnya yaitu seekor Hyena. Karena menyelamatkan anaknya, Musafa pun mati. Simba yang waktu itu masih kecil diberikan kedudukan untuk menjadi seorang raja menggantikan ayahnya. Dari kisah film The Lion King di atas, kita dapat belajar bahwa kita harus selalu menyiapkan diri menghadapi kehilangan. Kehilangan pasti akan memberikan perubahan bagi kita, entah tanggung jawab yang lebih berat seperti Simba, atau hal- hal lain. Nah kenaikan Tuhan Yesus pun memberikan sesuatu yang baru bagi kita. Berbeda dengan cerita The Lion King, Tuhan Yesus tidak meninggalkan beban kepada kita melainkan menurunkan seorang penolong dalam bentuk Roh Kudus. Karena kasih-Nya kepada manusia, Tuhan tidak membiarkan kita sendirian dalam dunia ini. Roh Kudus bekerja di dalam hati manusia, Ia membantu kita menyelesaikan masalah yang kita hadapi sesuai dengan Firman Tuhan. Asalkan kita percaya akan karya Tuhan dan membuka hati kita untuk-Nya.

Ayo Bertanya

1. Apa yang dimaksud dengan Roh Kudus sebagai penolong bagi kita?
2. Mengapa Tuhan Yesus menurunkan Roh Kudus?

Ayo Berdoa

Tuhan, terima kasih atas kasih-Mu dalah hidup kami sehingga Engkau menurunkan Roh Kudus sebagai penolong kami.

Ayo Lakukan

Percayalah dan undang Roh Kudus ke dalam hati-Mu sebagai juru Selamat yang hidup.

Ayo Ucapkan

Karena kasih-Nya yang besar kepada manusia, Tuhan menurunkan seorang penolong setelah naik ke surga.