TUHAN, APAKAH ENGKAU MENGERTI?

Selasa,31 Agustus 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 4:14-16

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Ayub 10:4-5

RENUNGAN INSPIRASI

Philip Yancey adalah penulis terkenal atas karyanya tentang mendengarkan Tuhan melalui rasa sakit dan penderitaan. Yancey sendiri tak asing dengan penderitaan. Ia lahir dan dibesarkan di Atlanta, Georgia dan ayahnya meninggal ketika ia berusia setahun. Yancey merasakan penderitaan bagaimana menjalani hidup tanpa seorang ayah dengan berbagai gejolak emosionalnya. "Kadang-kadang hal itu membebani saya, tetapi saya juga tahu bahwa Allah ada di pihak orang yang menderita," demikian ujarnya. Yancey memahami bahwa penderitaan masih relevan sampai saat ini, itu sebabnya ia berharap agar orang percaya tetap memusatkan perhatian kepada Allah di tengah masa-masa sulit ini.
Acap kali penderitaan melahirkan banyak tanya di benak kita, di mana Tuhan, apakah Dia peduli, apakah Dia merasakan apa yang kita rasa? Hal serupa dialami oleh Ayub. Dalam melalui masa-masa terberatnya, ia sendiri mempertanyakan, "Apakah Engkau mempunyai mata? Samakah penglihatan-Mu dengan penglihatan manusia? Apakah hari-hari-Mu seperti hari-hari manusia?" Pertanyaan itu seolah berkata, bagaimana mungkin sebagai Tuhan, Ia tahu penderitaan Ayub sebagai manusia. Namun menanggapi hal ini, Tuhan tidak bersikap acuh. Demi kita, Ia turun ke bumi menjadi sama seperti kita, untuk turut merasakan kelemahan-kelemahan yang kita rasakan. Ia bahkan telah belajar menjadi taat sampai mati di kayu salib. Saat kita mulai bertanya, "Tuhan di mana Engkau saat aku sakit, mengertikah Engkau?" Ingatkan diri kita bahwa Ia bukan sekadar Penghibur sejati, tetapi lebih dari itu, Ia sendiri telah turut merasakan penderitaan kita. Apa yang telah Yesus lakukan telah memungkinkan Dia menjadi jawaban atas semua derita kita. Ia tahu, Ia mengerti, dan merasakan apa yang kita alami. Hari-hari ini, ketika hidup dirasa begitu berat, seakan tiada yang mengerti, ingatlah ada satu pribadi yang rindu mengasihi dan menolong kita, Dia-lah Yesus. Mari dengan penuh keberanian hampirilah takhta kasih karunia-Nya, agar kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya (Ibrani 4:16). [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda sedang mempertanyakan keberadaan Tuhan dengan kesulitan dan penderitaan yang Anda alami?
2. Sesuai janji firman Tuhan hari ini, apakah Tuhan mengerti saat kita menderita?

POKOK DOA

Tuhan, ampuni aku jika terkadang meragukan kasih-Mu di tengah penderitaanku. Ajarlah aku memahami betapa lebar dan dalamnya kasih-Mu bagiku sampai Engkau menderita demi hidupku, supaya hatiku selalu mendekat kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Imani selalu bahwa Tuhan mengerti setiap penderitaan kita. Dengan penuh keberanian, hampirilah Dia, agar kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia-Nya dan mendapat pertolongan pada waktunya.

HIKMAT HARI INI

“Where were You, Lord? Because You never left. Give me eyes to see the thread of Your goodness running through.” – Kaitlyn Bouchillon
Dimanakah Engkau Tuhan? Karena Engkau tidak pernah pergi. Beri aku mata untuk melihat benang kebaikan-Mu mengalir.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com