ONLY BY HIS GRACE

Senin,30 Agustus 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 2:8-9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Korintus 15:10a

RENUNGAN INSPIRASI

John Piper mengatakan, "Jadi kasih karunia tidak hanya diterima dengan iman, tetapi bertujuan pada iman. Tuhan memberikan kasih karunia agar kita menjadi alat-Nya dalam mewujudkan "ketaatan iman". Inilah yang disebut efek kasih karunia."
Harus diakui, seiring perjalanan kehidupan, kita bisa saja kurang menyadari bahwa kita adalah pribadi yang paling beruntung karena mendapat anugerah keselamatan, yang telah memerdekakan kita dari perbudakan dosa dan kematian kekal (Efesus 2:8-9). Anugerah yang kita dapatkan, walau sebenarnya tidak layak kita terima, telah dikaruniakan Tuhan bagi kita. Tanpa anugerah tersebut, apa pun yang kita lakukan tidak akan bisa melepaskan kita dari api neraka kekal. Inilah yang patut kita syukuri, seperti kata Rasul Paulus, "Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia" (1 Korintus 15:10a). Apakah Anda merasa kehidupan rohani yang begitu-begitu saja? Lantas, membuat Anda tidak merasa bergairah di dalam melakukan kehendak Tuhan dan mengejar kekudusan-Nya? Marilah kita melihat anugerah besar yang telah kita terima melalui pengorbanan hidup Yesus bagi kita sekalian. Mengutip ucapan Kyle Idleman, "Bukan hanya keagungan kasih karunia yang kita terima tetapi keagungan kasih karunia yang perlu kita berikan." Sadarilah bahwa kita adalah orang-orang yang paling beruntung karena mendapat anugerah-Nya. Karenanya keuntungan tersebut akan membawa kita untuk hidup secara khusus bagi Tuhan yang tentunya akan menghasilkan hidup sejati di dalam Kristus (Roma 6:22 BIS). Hiduplah di dalam kasih karunia agar kita senantiasa bergairah di dalam Tuhan, mengejar kebenaran dan kehendak-Nya dalam kehidupan kita. Dan tunjukkan kasih karunia yang telah kita terima dengan memberikan kasih karunia dan pengampunan kepada orang yang paling melukai kita. Sehingga kasih karunia itu tidak sia-sia dalam kehidupan kita. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda pernah berpikir bagaimana keadaan Anda bila tidak memperoleh anugerah keselamatan?
2. Sudahkah Anda meresponi anugerah keselamatan dengan baik, dengan tetap bergairah di dalam Tuhan dalam mengejar kehendak dan kekudusan-Nya?

POKOK DOA

Tuhan, aku bersyukur buat anugrah keselamatan yang kuperoleh dari-Mu. Mampukan aku Roh Kudus untuk hidup dan meresponi kasih karunia-Mu dengan hidup bergairah di dalam melayani dan mengasihi sesama. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Responi anugerah keselamatan dengan menjalani kehidupan yang bergairah di dalam mengejar kehendak dan kekudusan Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“Anugerah bukanlah sesuatu yang menjadi hak kita. Yesus mendapatkannya untuk kita.” – John Piper
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com