PURITY IS FREEDOM TO DO GOOD

Rabu,25 Agustus 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yesaya 1:21-25

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Matius 5:8

RENUNGAN INSPIRASI

Kita bisa melihat kemarahan Tuhan dalam bacaan Alkitab hari ini tentang hukuman atas Yerusalem. Nabi Yesaya mengatakan, "Perakmu tidak murni lagi dan arakmu bercampur air". Tuhan sendiri berfirman, "Aku akan bertindak terhadap engkau: Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya." Tuhan menggambarkan hidup yang berdosa seperti perak yang tak lagi murni. Kita juga dapat melihat apa yang Rasul Paulus selalu usahakan, "Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia." Orang-orang yang murni dan suci hatinya, mereka dapat berbahagia karena mereka akan melihat Allah (Matius 5:8). Kita dapat melihat sebuah korelasi bahwa hati yang murni mendorong kebebasan untuk berbuat segala sesuatu yang menyenangkan hati Tuhan. Sebaliknya, jika kita masih sampai hati untuk melakukan hal-hal yang jahat, licik, dan najis, maka sesungguhnya hati kita tidaklah murni.
Murni berarti bersih, tidak kotor, bebas dari kontaminasi. Hati yang murni akan menggambarkan siapa kita dan tergambarkan melalui apa yang kita lakukan. Purity is a freedom to do good. Kemurnian yang sejati lahir dari rasa percaya kita bahwa Yesus telah mati bagi kita untuk menebus kita dari segala kenajisan. Dengan rasa percaya ini, maka kebenaran-Nya akan menjadi tolok ukur kita dalam menjalani hidup, setiap detil yang kita jalani adalah untuk menyenangkan Tuhan. Setiap keputusan kita selalu sinkron dengan apa yang kita tahu benar, tepat, dan baik. Kita akan memilih hidup yang transparan, bersih dan bebas dari kompromi, kita memilih menghindar dan menolak setiap godaan yang akan mencemari karakter kita, kita menghormati tubuh kita sebagai bait-Nya, kita selalu menunjukkan kejujuran dan pengendalian diri dalam setiap perilaku kita, dan yang terpenting, hati yang murni tidak akan membuat kita bangga atas kemurnian itu sendiri, menjadi sombong rohani, dan memandang rendah orang lain. Kemurnian justru membuat kita menghormati setiap individu sebagai ciptaan yang juga telah ditebus Allah. Kemurnian mungkin tidak populer bagi orang-orang dunia, tapi orang percaya sebaiknya tidak menganggap remeh kemurnian hati. Seperti Rasul Paulus, kita harus berjuang untuk reputasi tanpa cela di hadapan Tuhan dan sesama, dan kuncinya adalah kemurnian (Mazmur 51:6). Seperti yang dikatakan Matius, inilah kunci untuk masuk ke hadirat kudus-Nya. Sekarang kita mengerti bahwa kebebasan untuk berbuat baik dalam hidup adalah sebuah privilege, dibandingkan dengan konsekuensi buruk dari hidup yang najis. Oleh sebab itu, kejarlah kemurnian hati. Mulailah dengan perubahan hati, akui setiap pemberontakan kita atas kehendak Allah dan mintalah pengampunan dari-Nya. Berikan diri untuk dipimpin Roh, dengarkan nurani Anda. Bertekunlah dengan firman Tuhan, bertekun artinya mengetahui, memikir-mikirkannya, dan mentaatinya. Pada akhirnya, lihatlah bagaimana kemurnian hati akan mendorong setiap perbuatan baik.[LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda masih sering melakukan hal-hal yang jahat dan najis?
2. Apa kata firman Tuhan tentang orang-orang yang suci hatinya? Bagaimana kita dapat berjuang untuk hati yang murni?

POKOK DOA

Bersihkanlah aku dari pada dosaku ya Tuhan, maka aku menjadi tahir. Basuhlah aku ya Tuhan, maka menjadi lebih putih dari salju! Sembunyikanlah wajah-Mu terhadap dosaku, hapuskanlah segala kesalahanku! Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh! Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berjuanglah untuk memiliki hati yang murni. Akui setiap pemberontakan kita atas kehendak Allah dan mintalah pengampunan. Bertekunlah dengan Firman Tuhan, bertekun artinya mengetahui, memikir-mikirkannya, dan mentaatinya.

HIKMAT HARI INI

“Keep your heart pure. A pure heart is necessary to see God in each other. If you see God in each other, there is love for each other, then there is peace.” -Mother Teresa
Jagalah kemurnian hatimu. Hati yang murni diperlukan untuk melihat Tuhan dalam diri satu sama lain. Jika Anda melihat Tuhan satu sama lain, ada cinta satu sama lain, maka ada kedamaian.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com