PURSUING HOLINESS

Senin,23 Agustus 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 4:21-24

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

2 Timotius 2:21

RENUNGAN INSPIRASI

Ketika seseorang bertanya kepada George Muller tentang rahasia pelayanannya, Muller menjawab bahwa ada hari ketika ia benar-benar mati untuk seorang George Muller. Segala pendapat, preferensi, selera, dan keinginannya telah mati, dan sejak itu ia telah belajar untuk menunjukkan dirinya hanya disetujui oleh Tuhan. Kehidupan George Muller dapat menggambarkan sebuah proses pengudusan. Muller tak lagi hidup atas kepentingan dirinya sendiri, melainkan semata-mata untuk Allah. Sebagaimana dalam Greek-English Lexicon of the New Testament milik Joseph Henry Thayer, salah satu definisi kekudusan adalah dipisahkan bagi Allah, khusus menjadi milik-Nya.
Rasul Paulus menegaskan di dalam 2 Korintus 5:15 bahwa Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, melainkan untuk Dia. Setiap orang percaya sudah seharusnya mengejar kekudusan sebagai bentuk kehidupan yang dipersembahkan bagi Kristus. Sedangkan dunia ini selalu digerakkan oleh egoisme dan hawa nafsu yang menyesatkan, orang-orang yang tidak menguduskan dirinya akan terlihat dari sikap hidup yang mementingkan diri sendiri dan selalu tergoda dengan apa yang memuaskan mata dan kedagingannya. Kita harus selalu ingat bahwa kita adalah ciptaan yang baru. Mengejar kekudusan adalah keharusan, sebab kita ini dipisahkan bagi Allah, kita dikhususkan untuk menjadi milik-Nya, dan oleh sebab itu kita diberi kesanggupan untuk hidup benar sesuai dengan firman Allah. Di tengah-tengah dunia yang cemar saat ini, kita adalah orang percaya yang diperintahkan untuk hidup kudus, maka kita tidak bisa lagi hidup atas dasar keinginan diri sendiri, melainkan dengan persetujuan Allah. Ingat, jika kita menguduskan diri kita dari hal-hal yang jahat dan najis, kita akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, yang dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana hidup yang Anda jalani saat ini? Setelah menjadi ciptaan yang baru, apakah kita masih hidup untuk kepentingan dan keinginan diri sendiri?
2. Bagaimana usaha Anda dalam mengejar kekudusan?

POKOK DOA

Ya Tuhan, ampuni aku jika hidup yang kujalani sama sekali tidak mencerminkan kekudusan. Aku masih hidup di bawah bayang-bayang hawa nafsu dunia. Padahal hidupku sejatinya telah dipisahkan bagi Allah dan dikhususkan untuk menjadi milik-Mu. Aku mengambil komitmen untuk hidup berdasarkan kepentingan-Mu. Kiranya Roh-Mu yang memampukan aku. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jauhi kejahatan. Kejarlah kekudusan dengan cara hidup berdasarkan persetujuan Tuhan.

HIKMAT HARI INI

True holiness is not achieved by what we do, but what we allow God to do in us. -Mark Hart
Kekudusan sejati tidak dicapai dengan apa yang kita lakukan, tetapi apa yang kita izinkan Tuhan lakukan di dalam kita
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com