KETIKA HIDUPMU BEGITU GELAP

Senin,10 Mei 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ayub 7:19-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yesaya 50:10

RENUNGAN INSPIRASI

Sosok William Shakespeare sangat melegenda di berbagai penjuru dunia. Meski ditulis ratusan tahun yang lalu, karya-karyanya tetap relevan hingga sekarang. Salah satu yang mendasari semua drama Shakespeare adalah jeritan-jeritan kepedihan. Jeritan-jeritan pedih tersebut uniknya menunjukkan kepercayaan pada sang Mahakuasa. Sang Mahakuasa yang turut terlibat dalam berbagai keadaan manusia, seperti, "Mungkinkah Engkau, ya Tuhan, meninggalkan domba-domba yang begitu lembut dan melemparkan mereka ke perut serigala?", "Tidurkah Engkau ketika perbuatan seperti itu dilakukan?", "Ya, Tuhan, Kau lihatkah ini, dan tetap diam begitu lama?" Berbagai jeritan itu menggambarkan keadaan kita di tengah kelamnya hidup. Kita pun kerap melontarkan pertanyaan serupa kepada Allah ketika tengah menderita. Ayub sendiri mengalaminya. Ia sempat tenggelam dalam penderitaan yang membuatnya fokus pada barah dari telapak kaki sampai ke kepalanya. Namun, keadaan itu tak menyurutkan iman percayanya di tengah perjalanan hidupnya, sekalipun awalnya tidak ada titik terang.
Kepercayaan kita tidak boleh tergantung pada keadaan. Memang sulit memahami bukti penyertaan Tuhan di tengah penderitaan sebagai realita hidup. Tetapi kita bisa melihatnya dalam terang Firman Tuhan. Segelap apa pun keadaannya, bahkan sekalipun tidak ada cahaya yang bersinar bagi kita, janji Firman-Nya mengarahkan kita, "Baiklah ia percaya kepada nama Tuhan dan bersandar kepada Allahnya!" Jangan kita lupa bahwa Allah memandang kita dengan penuh kasih di sepanjang pengalaman yang mengecewakan dan berbagai kesulitan hidup kita. Kita hanya perlu menyadari dan menerima keberadaan hidup kita yang sesungguhnya. Tidak perlu berpura-pura baik-baik saja. Sebaliknya, nantikanlah Tuhan dan bersandarlah sepenuhnya kepada-Nya! Tuhan akan bekerja! [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda pernah mengalami keadaan yang begitu kelam dan memberatkan hidup? Apa yang Anda lakukan saat itu?
2. Melalui ayat firman hari ini, apa yang harus kita lakukan jika diperhadapkan pada keadaan hidup yang begitu gelap?

POKOK DOA

Bapa di Surga, terima kasih Engkau menjadi terang yang menuntunku di tengah kegelapan hidup, ajarku untuk mengandalkan-Mu sepenuhnya di dalam keadaan apa pun. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Di tengah sulitnya kehidupan, tetap percayailah Tuhan dan bersandar kepada-Nya.

HIKMAT HARI INI

Jangan sampai iman kita redup ditelan oleh gelapnya penderitaan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com