BETAPA FANANYA HIDUP INI

Sabtu,08 Mei 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 11:13-16, 36-40

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 119:19

RENUNGAN INSPIRASI

Rick Warren berkata, "Bumi adalah daerah persiapan, prasekolah, uji coba bagi kehidupan Anda di kekekalan. Kehidupan ini adalah persiapan untuk menghadapi kehidupan berikutnya." Memang keberadaan kita di bumi ini hanya sementara, karena kita diciptakan untuk kekekalan. "Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka" (Pengkhotbah 3:11b).
Bagaimanapun bahagianya kehidupan kita, ini hanyalah sementara dan betapapun beratnya kehidupan, semua itu adalah fana. Tak ada yang abadi, baik kesedihan maupun kegembiraan. Kebahagiaan adalah hal yang mudah diterima, namun bagaimana bila sebaliknya? Acap kali berbagai penderitaan Tuhan izinkan menjadi sarana pemurnian agar kita lolos menghadapi kefaanaan hidup. Hal ini tidaklah mengherankan, kita mendapati begitu banyak tokoh-tokoh iman yang berjuang di dalam kehidupan mereka. Alkitab dengan terbuka menyampaikan, "Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu ⦠bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini (Ibrani 11:13)." Faktanya, ada orang-orang percaya yang sampai akhir hidupnya mendapat penderitaan, bahkan dunia ini tidak layak bagi mereka (Ibrani 11:38). Bagaimana tragedi dan kepedihan dapat dihindari, jika pada akhirnya hal tersebut membawa kita kepada pembentukan-Nya dan tujuan mulia-Nya? Tuhan yang berdaulat dengan cara-Nya yang ajaib, dalam kemahatahuan-Nya yang tak terselami bebas melakukan apa pun di dalam hidup kita dengan satu tujuan yang pasti, yaitu kekekalan. Lantas apakah ini akan menyurutkan iman kita? Kefanaan hidup menjadi jawabannya. Seperti ungkapan pemazmur, "Di dunia ini aku hanya sekadar orang asing: aku sangat memerlukan perintah-perintah-Mu sebagai peta dan petunjuk jalan bagiku." (Mazmur 119:19 FAYH). Satu cara menghadapi berbagai ujian hidup adalah dengan berpegang pada firman-Nya. Adakah keadaan yang begitu memberatkan kehidupan Anda? Ingatlah, hidup ini hanya ujian, yang akan berlalu pada akhirnya. Jangan sampai dalam pengiringan kita mengikut Kristus, kita gagal melewatinya. Menjalani hidup yang Tuhan anugerahkan membutuhkan kesetiaan yang tetap. Jangan pernah berkecil hati dan kecewa kepada-Nya walau hanya sekalipun. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Adakah keadaan yang begitu memberatkan perjalanan hidup Anda? Sudahkah Anda menyadari itu hanyalah ujian dalam hidup yang akan berlalu pada akhirnya?
2. Bagaimana cara Anda menjalani kehidupan yang fana ini?

POKOK DOA

Ya Tuhan, betapa fananya hidup ini. Sebagai orang asing di bumi ini, tuntunlah aku selalu dengan Roh-Mu yang kudus dan firman-Mu sebagai petunjuk jalan bagiku, kuatkanlah aku dalam menghadapi hari-hariku sampai akhir hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jalanilah hidup yang hanya sementara ini dengan berpegang teguh pada janji-janji Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“Seharusnya setiap hari kita bersiap-siap untuk menghadapi hari terakhir kita.” – Matthew Henry
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com