BEBAS DARI BEBAN YANG MENGHIMPIT

Jum'at,07 Mei 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ayub 33:26-28

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Ayub 33:28

RENUNGAN INSPIRASI

Aokigahara, nama sebuah hutan yang sering dipakai untuk bunuh diri. Di hutan ini ada banyak ditemukan berbagai jejak, yang biasanya ditandai sebagai jejak dalam upaya pencarian mayat, yang dilakukan oleh relawan setiap tahunnya. Di sepanjang jalan hutan yang sepi dan gelap itu terlihat pita-pita merah, tas ransel, botol-botol sake kosong, kartu kredit, dan kaus kaki bekas yang ditinggal oleh pemiliknya. Benda yang menjadi kenangan dari orang-orang yang putus asa dan memilih untuk mengakhiri hidupnya di sana.
Fakta ini menunjukkan ada begitu banyak orang yang tidak cakap menghadapi tekanan hidup. Mengakhiri hidup seolah menjadi pilihan terbaik untuk keluar dari masalah. Namun tidaklah demikian dengan kita orang percaya, walau ditimpa beban seberat apa pun, bahkan sekalipun berada di ambang kematian, setiap kita bisa cakap menanggung perkara apa pun karena Tuhanlah sumber kelegaan jiwa kita. Dia bahkan menegaskan dalam Firman-Nya bahwa Ia bisa membebaskan nyawa kita dari jalan ke liang kubur, sehingga hidup kita akan melihat terang. (Ayub 33:28). Inilah yang dialami Ayub, yang diperhadapkan dengan tekanan hidup yang begitu hebat. Ayub mendapati jiwanya hancur, batinnya bergelora, dan hari-hari kesengsaraan mencekam dirinya (Ayub 30:16, 27). Namun dalam seruan dan pengharapannya kepada Tuhan, maka di ambang kehancuran hidupnya ia menemukan secercah harapan, sehingga mampu berkata, "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal." (Ayub 42:2). Hari ini, apa yang begitu menekan jiwa Anda? Rindukah Anda mengalami bagaimana Tuhan membebaskan Anda dari liang maut apa pun yang dihadapi, entahkah itu di ambang kehancuran keluarga, bisnis, relasi, kehidupan Anda sendiri? Tuhan selalu ingin menolong kita, dan Dia suka memberkati dan membebaskan kita, maka berserulah kepada-Nya. Ketika tangan yang kekal itu terulur, itulah yang akan memampukan kita untuk menghadapi persoalan apa pun. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah ada beban hidup yang begitu berat? Sebagai orang percaya apa yang harus kita lakukan?
2. Mengapa kita harus percaya kepada Tuhan ketika kita tertekan dengan beban hidup yang begitu berat?

POKOK DOA

Bapa, aku tahu Engkau selalu ingin melepaskanku dari beban yang menekan jiwaku. Aku mau selalu menyerahkan hidupku dan berharap pada-Mu karena tangan-Mu yang ajaib itulah yang sanggup menolongku. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ketika putus asa menghampiri, ingatkan diri Anda bahwa tangan Tuhan yang kekal itu selalu rindu dan sanggup untuk menolong Anda, maka berserulah kepada-Nya.

HIKMAT HARI INI

“Surga memiliki saluran gawat darurat dua puluh empat jam. Tuhan ingin Anda meminta pertolongan-Nya.” – Rick Warren
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com