BENARKAH JODOH DI TANGAN TUHAN?

Kamis,18 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Matius 7:7

AYAT HAFALAN

Amos 6

RENUNGAN INSPIRASI

Sobat Revive pasti tidak asing dengan pernyataan "jodoh di tangan Tuhan". Kebanyakan orang menerima pernyataan ini sebagai kepasifan seseorang dalam menanti seorang pasangan. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu, bahwa maksud dari "jodoh di tangan Tuhan" bukanlah hubungan person to person yang ditentukan oleh Tuhan, dengan arti Tuhan tidak menentukan apakah A akan menikah dengan B. Jika benar bahwa Tuhan menentukan jodoh kita dengan seseorang, maka akan muncul persoalan ketika seseorang menghadapi perceraian, perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, dan kisah-kisah menyedihkan lainnya dalam rumah tangga. Hal ini cukup menegaskan bahwa manusia diberikan kebebasan (free will) untuk memilih dan memutuskan.
Tapi kita juga harus mengerti bahwa manusia tidak hidup hanya dengan kekuatannya sendiri. Tuhan menetapkan waktu, situasi, dan kondisi untuk setiap penggenapan maksud-Nya. Ketika kita melibatkan Tuhan, Ia bisa mengarahkan kita untuk menemukan "the one" dengan kualitas dan kesepadanan yang sesuai dengan kualifikasi Tuhan. Kita akan bahas lebih dalam tentang kerja sama manusia dengan Tuhan dalam hal jodoh. Di dalam Kejadian 24, kita membaca kisah Abraham yang meminta hambanya Eliezer untuk mencarikan jodoh bagi Ishak. Kita tahu salah satu perintah Tuhan, "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya." Dalam hal ini Eliezer taat kepada tuannya dan perintah Tuhan. Ia hanya mencari orang di kalangan keluarga Abraham. Eliezer sudah tahu tempat yang tepat untuk mencari, tapi di tempat itu ada banyak gadis, maka ia tetap memerlukan pimpinan Tuhan untuk menemukan gadis yang terbaik bagi Ishak. Doa yang dipanjatkannya menunjukkan kebergantungan kepada Tuhan. Belum selesai Eliezer berdoa, datanglah Ribka menghampirinya. Tidak sampai disitu, Eliezer berusaha mengenal Ribka terlebih dahulu. Ia menguji dan memperhatikan dengan seksama apa yang diperbuat Ribka, sampai ia benar-benar yakin bahwa Ribka adalah gadis yang tepat bagi Ishak. Tuhan menciptakan setiap manusia dengan keistimewaan dan keunikannya masing-masing. Dengan dibekali akal, pikiran, perasaan, dan keinginan, manusia diberikan kesempatan untuk memilih dan memutuskan. Sedangkan Tuhan berperan sejauh kita melibatkan-Nya dalam memilih jodoh. Ia akan memberikan petunjuk-petunjuk untuk mempermudah kita. Jadi, jodoh adalah keputusan seseorang yang melibatkan pimpinan Tuhan bagi orang yang bergantung kepada-Nya. Jangan abai untuk selalu melibatkan Tuhan agar pilihan kita tepat. [LS]

Sejauh apa usaha yang sudah Sobat Revive lakukan dalam memilih pasangan yang tepat? Sudahkah kamu melibatkan Tuhan? Ceritakan pengalamanmu ketika kamu melibatkan Tuhan dan ketika kamu hanya mengikuti kehendakmu sendiri?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com