PENOLONG YANG LAIN

Jum'at,27 Maret 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yohanes 14:16-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 79

AYAT HAFALAN

Yohanes 14:16,26

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam satu bukunya, David Seamands mengisahkan seseorang yang akan mengalami pembedahan jantung. Sehari sebelum dibedah, seorang perawat memasuki ruangan, memegang tangan orang tersebut sambil berkata, “Selama pembedahan besok, Anda akan dipisahkan dari jantung Anda. Anda akan tetap hidup dengan bantuan mesin. Saat jantung Anda sudah selesai diperbaiki, Anda akan dihubungkan kembali dengan jantung Anda, namun Anda tak dapat bergerak selama enam jam. Anda tak dapat berbicara atau, membuka mata, tetapi Anda akan sadar sepenuhnya serta dapat mendengar hal yang terjadi di sekita Anda. Selama enam jam tersebut, saya akan berada di samping Anda dan memegang tangan Anda seperti saat ini.” Keesokan harinya, semua terjadi tepat seperti yang dikatakan oleh perawat itu. Apa yang dilakukan perawat itu membawa perbedaan dan menguatkan pasien tersebut.

Pendampingan dan pertolongan adalah salah satu kebutuhan manusia. Ketika hendak meninggalkan murid-murid-Nya di dunia ini, Yesus paham akan kesedihan dan kehilangan yang akan dialami para murid. Ia tahu betul kebutuhan manusia akan pendamping yang menemani mereka. Maka dari itu, Ia menjanjikan seorang Penolong, Penghibur, Dialah Roh Kudus. Dalam teks aslinya, kata ini berasal dari dua kata “para” berarti “mendampingi” dan “kaleo” berarti “memanggil”. Ini artinya bahwa Yesus sedang mengatakan, “Aku akan mengirimkan kepadamu Dia yang dapat engkau panggil, yang akan mendampingimu dan membantumu dalam kelemahanmu.” Janji yang sama berlaku bagi kita. Apakah Anda sedang mengalami kehidupan yang hampa, sedih, merasa seorang diri, serta tak memiliki pendamping di dalam kesakitan dan kelemahan Anda? Kabar baiknya, “Anda tak sendirian, ada Roh Kudus!” [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa yang Anda lakukan ketika merasa sendiri di dalam hidup?
2. Apa janji Tuhan bagi anak-anak-Nya mengenai penyertaan-Nya?

POKOK DOA

Terima kasih Tuhan bahwa Engkau memberikan kepadaku Penolong, yang mendampingiku di dalam hidup ini. Sadarkan aku akan hal ini ketika berada dalam kesendirian. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bekerjasamalah dengan Roh Kudus dalam menghadapi kesepian dan kelemahan Anda.

HIKMAT HARI INI

Roh Kudus adalah pribadi nyata yang datang untuk tinggal di hidup Anda.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com