SPIRITUAL CHECK-UP MELALUI DISIPLIN ROHANI

Minggu,15 Maret 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 11:13-16

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 67

AYAT HAFALAN

2 Korintus 13:5

RENUNGAN INSPIRASI

Tujuan kita dalam tema Spriritual Growth adalah kedewasaan rohani yang semakin hari semakin serupa dengan Kristus. Donald S. Whitney menuliskan 10 pertanyaan yang dapat mendiagnosa kesehatan rohani Anda. Cobalah tanyakan dan renungkan pertanyaan-pertanyaan ini dalam hati Anda. Apakah aku haus akan Tuhan? Apakah aku makin dikuasai Firman Tuhan? Apakah aku semakin banyak mengasihi? Apakah aku semakin peka dengan kehadiran Tuhan? Apakah aku semakin peduli akan kebutuhan rohani dan jasmani sesama? Apakah aku bersuka menjadi mempelai Kristus? Apakah disiplin rohani semakin penting bagiku? Apakah aku semakin berdukacita karena dosa? Apakah aku semakin cepat mengampuni? Apakah aku merindukan Sorga dan hidup bersama-sama dengan Yesus? Semua pertanyaan ini akan merujuk pada satu jawaban, yaitu disiplin rohani. Jika jawabannya positif, disiplin rohani Anda terjaga dengan baik, namun jika tidak, disiplin rohani Anda sedang terganggu atau tidak berjalan dengan baik.

Disiplin rohani adalah sarana-sarana yang ditetapkan Tuhan yang akan menolong kita untuk semakin dekat kepada-Nya, mengalami-Nya, dan diubahkan semakin serupa dengan-Nya. Karena hanya melalui disiplin rohani, kita dapat bertemu dengan-Nya secara teratur dan mengalami pendewasaan. Disiplin rohani dibagi ke dalam 2 kelompok, yakni pribadi dan kelompok (jemaat). Cobalah cek disiplin rohani Anda secara pribadi, hal ini meliputi pembacaan dan perenungan Alkitab secara pribadi, doa pribadi, berpuasa, bersaat teduh, menulis jurnal rohani, dan lain sebagainya. Untuk disiplin rohani kelompok, periksa ibadah kebaktian Anda, Perjamuan Kudus, pertemuan Core Anda, dan lainnya. Bertekunlah dalam usaha untuk semakin serupa dengan Kristus dan menikmati-Nya melalui disiplin rohani. Karena tak ada jalan cepat dan mudah menuju kedewasaan rohani. Jiwa yang mencari kematangan rohani yang lebih dalam harus dipersiapkan untuk tugas yang lama dan sulit. Ingat, tidak ada jalan pintas menuju keserupaan dengan Kristus selain disiplin rohani. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa hasil dari spiritual check-up Anda?
2. Apa yang harus Anda lakukan agar anda mencapai kedewasaan rohani dan semakin serupa dengan Kristus?

POKOK DOA

Bapa, aku mohon hikmat dan karunia-Mu aku agar aku dapat mencapai tujuanku untuk semakin serupa dengan-Mu. Ujilah aku ya Tuhan, aku siap untuk mengalami pertumbuhan rohani yang semakin dewasa. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tanyakan 10 pertanyaan di atas, dan lakukan disiplin rohani.

HIKMAT HARI INI

Spiritual maturity is measured in terms of persevering faith, not perfect behavior.
–Andy Stanley
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com