MENGHADAPI KEMATIAN

Sabtu,14 Maret 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Pengkhotbah 9:5-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 66

AYAT HAFALAN

Mazmur 90:12

RENUNGAN INSPIRASI

 Ada satu legenda tentang seorang pedagang kaya di kota Baghdad. Suatu hari ia mengirimkan pembantunya ke pasar. Di pasar, pembantunya ini bertemu dengan wanita berjubah hitam panjang bernama Kematian. Ia begitu takut dan segera kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, ia menceritakan kepada tuannya bahwa ia bertemu dengan Kematian. Ia begitu ketakutan dan memohon agar tuannya memberi sejumlah uang agar ia bisa pergi dan bersembunyi di Samarra. Tuannya pun memberikannya uang. Kemudian, tuan ini pergi ke pasar untuk menemui Kematian dan bertanya mengapa Kematian menakut-nakuti pembantunya. Kematian menjawab bahwa ia tidak menakut-nakuti, justru ia kaget bertemu pembantunya di pasar karena ia memiliki janji untuk bertemu dengan pembantu tersebut malam hari ini di Samarra.

Ada kebenaran yang terkandung dalam legenda ini bahwa tidak ada tempat untuk bersembunyi dari kematian. Bila waktunya tiba Tuhan memanggil kita, tak ada satupun yang dapat menghalangi. Banyak orang ketika berhadapan dengan kematian, akan mengubah prioritas hidup, yang tadinya penting menjadi tidak penting, dan yang tidak penting menjadi penting. Pemazmur berkata, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Paulus juga mengingatkan kita untuk tidak terlalu berfokus pada perkara-perkara duniawi, tetapi hidup seperti Kristus. Ketika hidup ini membawa Anda kepada dukacita, live beyond it, do not be bound by it. Ketika hidup Anda ada di dalam kegembiraan dan kesuksesan, jangan sampai mabuk dan terhanyut di dalamnya. Yang diberkati dengan berkat materi jangan sampai terikat dan menggeser prioritas hidup bukan lagi kepada Tuhan, tetapi kepada kekuatan dan kuasa materi. Melalui renungan ini, kita diingatkan untuk memikirkan hal-hal yang bernilai kekekalan bukan yang sementara, karena waktu kita di dunia ini begitu singkat. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Siapkah Anda menghadapi kematian?
2. Apa yang seharusnya kita lakukan dan persiapkan dalam menunggu Tuhan menjemput kita?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, Engkaulah satu-satunya hartaku di dunia. Aku sadar emas perak tidak akan kubawa mati dan tidak akan mengantarkanku ke sorga. Biarlah hidupku sepenuhnya berfokus hanya kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Prioritaskan Tuhan dalam hidup agar tidak menyesal pada akhirnya.

HIKMAT HARI INI

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com