SILENCE IS NOT ALWAYS GOLDEN

Jum'at,13 Maret 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yehezkiel 3:16-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 65

AYAT HAFALAN

Yehezkiel 3:20b

RENUNGAN INSPIRASI

Ada satu ungkapan latin kuno yang berbunyi, “Diam berarti memberi persetujuan; seseorang harus berbicara ketika ia mampu berbicara.” Salah satu contoh konkrit atas ungkapan ini terdapat dalam buku Betrayal-German Churches and the Holocaust yang membahas peran agama dalam Nazisme. Buku ini adalah kritik keras terhadap umat beragama yang tidak menentang penganiayaan atas orang-orang Yahudi. Dalam hal ini, diam berarti pernyataan sikap.

Seorang filsuf dan negarawan Edmund Burke berkata, “Semua yang dibutuhkan agar kejahatan menang adalah orang-orang baik yang tidak melakukan apa-apa.” Titus 1:16 berkata, mereka mengaku mengenal Allah, tapi melalui perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Orang-orang yang dinilai rohani tetapi tidak berani berbicara untuk menyuarakan kebenaran firman Tuhan menunjukkan bahwa mereka setuju atas perbuatan yang salah, dan secara tidak langsung mendukung perbuatan tersebut. Paulus memberikan contoh kepada kita untuk berani menentang dan tidak mentolerir tindakan yang salah. Melalui surat-suratnya, betapa sering Paulus memperingatkan dan menegur perilaku yang bertentangan dengan firman Allah. Seberapa banyak dari Anda yang memilih diam ketika melihat orang lain melakukan sesuatu yang tidak benar. Mulai saat ini, biasakan diri Anda untuk memperingatkan mereka dengan cara yang benar dan penuh kasih seperti Paulus. Matikan sikap apatis terhadap sesuatu yang salah. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Ceritakan pengalaman Anda ketika Anda diam saja terhadap sesuatu yang salah, dan bagaimana perasaan Anda setelahnya?
2. Apakah Anda menyesalinya? Bagaimana seharusnya sikap Anda terhadap sesuatu yang salah?

POKOK DOA

Aku mau memberanikan diriku untuk menyatakan kebenaran. Kiranya Tuhan yang memberiku kemampuan dan kebijaksanaan dalam melakukannya. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Speak up, peka terhadap sesuatu yang salah dan ingatkanlah orang yang berbuat salah dengan penuh kasih.

HIKMAT HARI INI

”Proclaim the truth and do not be silent through fear.” – St. Catherina of Siena
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com