JANGAN ADUK KOPI LUMPUR

Kamis,12 Maret 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 62:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 64

AYAT HAFALAN

Mazmur 62:5,8

RENUNGAN INSPIRASI

Kopi tubruk pastinya sudah tak asing lagi di telinga para pecinta kopi. Pembuatan kopi tubruk cukup mudah, cukup dengan mencampurkan bubuk kopi dengan air panas, lalu diaduk. Di Timur Tengah, kopi tubruk dikenal dengan nama mud coffee. Lantas mengapa disebut mud coffee (kopi lumpur)? Karena jika sudah dihidangkan, kopi tersebut tidak diaduk lagi atau didiamkan saja, maka lama-kelamaan endapan ampas kopi yang terlihat seperti lumpur akan terbentuk di dasar cangkir. Sehingga pada akhirnya Anda bisa menikmati secangkir kopi hitam yang jernih tanpa ampas.

Lalu apa hubungan antara kopi lumpur dengan kehidupan kita? Selama hidup, manusia tidak akan luput dari beban pikiran, seperti masalah kesehatan, keluarga, keuangan, karir, masa depan, pelayanan, dan sebagainya. Setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing dalam mengolah beban pikiran. Ada yang suka berkutat memikirkannya sendiri, ada yang suka sharing dengan teman untuk mengumpulkan masukan sebanyak-banyaknya, dan ada juga yang suka mengekspos di media sosial untuk mencari perhatian. Kebiasaan seperti ini tanpa kita sadari seperti terus mengaduk kopi tubruk, alhasil pikiran kita tidak pernah jernih. Mazmur 62 berulang kali menyebut bahwa hanya dekat Allah saja kiranya kita tenang. Saat kita tenang, pikiran kita akan menjadi lebih jernih sehingga keputusan yang diambil bisa lebih baik. Ketika pikiran Anda sedang penuh dan penat, datanglah pada Yesus (Mazmur 62:8). Berhentilah terus mengaduk dan memperkeruh pikiran Anda sendiri. Datang di kaki Tuhan, dan Ia akan memberikan Anda ketenangan dan hikmat untuk menyelesaikan segala masalah dan tantangan. [EV]

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana kebiasaan Anda ketika sedang dibebani dengan banyak pikiran?
2. Apa yang seharusnya Anda lakukan ketika Anda mengalami banyak beban pikiran?

POKOK DOA

Bapa yang baik, ajariku untuk tidak memperkeruh pikiranku sendiri dengan pelbagai beban pikiran, namun senantiasa datang di kaki Tuhan untuk mendapatkan ketenangan dan hikmat yang aku butuhkan. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Datang pada Tuhan untuk minta ketenangan agar pikiran Anda bisa jernih. Percaya bahwa Allah akan menganugerahkan bukan hanya ketenangan, tapi juga hikmat dalam mengambil keputusan.

HIKMAT HARI INI

The mind is like water. When it's turbulent, it's difficult to see. When it's calm, everything becomes clear.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com