TAAT KEPADA OTORITAS

Rabu,20 Maret 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 13:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Ulangan 31

AYAT HAFALAN

1 Petrus 2:18

RENUNGAN INSPIRASI

Salah satu syarat untuk menjadi seorang murid Kristus yang sejati adalah memiliki penundukan diri kepada otoritas rohani. Di dalam gereja, ada banyak orang yang tanpa sadar sulit menundukkan diri kepada otoritas rohani. Bahkan ada yang akhirnya sampai menghasut orang percaya lain, sehingga terjadi perpecahan di dalam tubuh Kristus. Penyebab  utama seseorang tidak tunduk kepada otoritas rohani karena egonya yang tinggi, merasa diri lebih baik dan lebih mampu dari pemimpin rohani.

Dalam ayat bacaan kita hari ini, rasul Paulus memberikan nasihat kepada jemaat Ibrani untuk memberi diri tunduk kepada otoritas rohani. "Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu. (Ibrani 13:17). Kata “taatilah” dalam ayat ini dalam teks aslinya memiliki pengertian: “menyesuaikan, “mengalah” dan “menaati”. Sedangkan kata “tunduklah” berarti tunduk kepada otoritas. Paulus ingin agar para jemaat Tuhan belajar untuk menyesuaikan, mengalah dan menaati otoritas rohani yang ada di atasnya. Dari sini kita dapat belajar, kita bisa saja tidak setuju atau tidak suka dengan keputusan pemimpin, namun kita tidak boleh memberontak. Kita justru diajarkan untuk mengalah, menyesuaikan dan taat. Kita percaya bahwa ketaatan kepada otoritas rohani akan membawa kita lebih bertumbuh dan menghasilkan karakter Kristus. Kalaupun pemimpin rohani benar-benar melanggar prinsip firman Tuhan, ajaklah untuk bertemu dan bicarakan dengan baik, bila perlu ajak dia untuk berdoa bersama. Hari ini, mari beri diri Anda untuk taat kepada otoritas rohani di atas Anda. Saat Anda melakukannya, firman Tuhan berkata, “ hal itu akan membawa keuntungan bagi Anda.” Pertanyaanya, apakah Anda sudah memberi diri untuk taat dan menundukkan diri kepada otoritas rohani Anda? (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda telah belajar tunduk kepada otoritas di atas Anda? Bagaimana Anda bersikap kepada otoritas di atas Anda selama ini?
2. Mengapa Tuhan ingin kita belajar menundukkan diri kepada otoritas di atas kita? Apa saja keuntungan yang bisa diterima saat Anda melakukannya?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ajarlah aku untuk memiliki kerendahan hati agar aku boleh belajar menundukkan diri kepada otoritas yang ada di atasku. Aku sadar bahwa ketaatan dan kerendahan hati membuat aku semakin serupa dengan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Belajarlah untuk merendahkan hati agar Anda dapat memiliki sikap yang taat kepada otoritas yang ada di atas Anda.

HIKMAT HARI INI

Taat kepada otoritas hanya dapat dilakukan saat kita belajar merendahkan hati kita.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com