SAAT YESUS DIINTERUPSI

Selasa,19 Maret 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 19:13-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Ulangan 30

AYAT HAFALAN

Amsal 16:32

RENUNGAN INSPIRASI

Di hari Senin pagi minggu pertama, semua orang ingin segera sampai di kantor. Antrian sudah mulai terlihat di halte busway. Seorang bapak yang ada dalam antrian itu terus melihat ke arah jam tangannya, mungkin karena tidak ingin terlambat tiba di kantor. Tiba-tiba, seorang ibu muda yang menggendong bayi mendesak paksa untuk masuk ke antrian di depan bapak tersebut. Tetapi dengan tenang, bapak itu memberikan ruang kepada ibu tersebut. Dalam bus, bapak itu dengan ramah mengajak si ibu muda bercakap-cakap. Ternyata, ibu tersebut dalam perjalanan ke rumah sakit, karena bayinya dalam kondisi kritis dan memerlukan pertolongan segera.

Keadaan yang hampir serupa pernah dialami Yesus, ketika Ia disela/diinterupsi   ketika sedang mengajar, oleh orang-orang yang membawa anak-anak kecil kepada-Nya. Melihat gangguan terjadi, para murid dengan sigap memarahi dan menghalang-halangi orang-orang tersebut. Yesus memang terganggu. Lantas, apakah Ia marah? Tidak. Yesus dengan sabar menerima anak-anak itu lalu menumpangkan tangan untuk memberkati mereka. Yesus menghargai orang-orang yang membawa anak-anak itu. Teladan yang luar biasa dari Tuhan ini mengajarkan kita sikap yang benar saat menghadapi situasi yang tak terduga. Interupsi terkadang diizinkan Tuhan untuk menguji dan melatih kesabaran serta penguasaan diri anak-anak-Nya. (SL)

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana respon kita saat menghadapi situasi tak terduga yang menginterupsi aktivitas kita?
2. Apakah kita cenderung marah dan bersungut-sungut? Atau kita menghadapi dan menyelesaikannya dengan kepala dingin dan penuh kesabaran?

POKOK DOA

Tuhan Yesus Kristus, ingatkan aku akan teladan-Mu untuk selalu sabar dalam situasi sesulit apapun dan tegur aku jika aku lengah. Roh Kudus, lihat hatiku dan tolonglah aku agar aku dapat selalu konsisten dalam bersikap sesuai dengan kehendak-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin

YANG HARUS DILAKUKAN

Latihlah dirimu untuk tetap sabar saat interupsi terjadi. Jaga diri Anda untuk tidak mudah tersulut emosi, dan selalu pikirkan sisi positif dari hal-hal yang terjadi.

HIKMAT HARI INI

Salah satu tanda bahwa kita adalah murid Yesus sejati adalah ketika kita mampu menguasai diri dalam keadaan sulit.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com