FIRST THINGS FIRST

Sabtu,16 Maret 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 6:25-33

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Ulangan 27

AYAT HAFALAN

Matius 6:33

RENUNGAN INSPIRASI

First things first atau “dahulukan hal yang utama” adalah istilah yang sering kita dengar saat ini. Memang tidak dapat dipungkiri, dari saat membuka mata di pagi hari sampai malam hari, ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dan dikerjakan. Yang menjadi perenungan dan pertanyaan bagi kita, bagaimana kita menemukan dan menentukan hal yang paling utama dalam hidup kita? Perlu dipahami, kesalahan dalam menentukan prioritas akan membawa kepada hal-hal yang merugikan.

Firman Tuhan mengajarkan hal yang perlu menjadi prioritas orang percaya dalam kehidupannya. Dalam bacaan Firman Tuhan kita hari ini, Tuhan Yesus memberi nasihat untuk memprioritaskan Dia dan kehendak-Nya di atas segalanya (Matius 6:33). Memprioritaskan Tuhan tidak hanya berlaku di hari Minggu pada saat ibadah, tetapi berlaku setiap hari dalam kehidupan kita. Mendahulukan Tuhan di atas segalanya akan tercermin dari keseharian kita. Sebagai contoh sederhana: saat bangun pagi hari, apa yang dilakukan terlebih dahulu, membuka sosial media di handphone atau bersaat teduh untuk bertemu Tuhan? Atau saat akan memutuskan sesuatu yang sangat penting, apakah kita berdoa kepada Tuhan atau bertanya kepada orang yang lebih pintar? Hari ini, kita semua diingatkan untuk menempatkan Tuhan sebagai prioritas utama dalam hidup kita. Mari mulailah hari Anda bersama dengan-Nya dan ijinkan Ia memerintah di dalam hidup Anda. Firman-Nya berjanji saat kita mengutamakan Dia, akan ada jaminan dan kepastian bagi kita. Tuhan akan memperhitungkan segalanya dan akan memberikan berkat-Nya bagi kita. Sehingga apa yang tidak pernah kita pikirkan dan bayangkan itu yang Tuhan sediakan bagi kita yang mengasihi Dia. Sungguh indahnya hidup ini saat kita dapat memprioritaskan Tuhan. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa kita perlu menempatkan Tuhan dan kehendak-Nya di atas segalanya dalam kehidupan kita?
2. Bagaimana cara Anda mengatur prioritas hidup selama ini? Apakah Anda telah menempatkan Dia sebagai yang utama?

POKOK DOA

Bapa sorgawi, ajar aku untuk selalu mengutamakan Engkau dan kehendak-Mu dalam hidupku. Aku sadar terkadang aku sering mengutamakan kepentingan-kepentingan diriku sendiri. Ya Roh Kudus, berbicaralah senantiasa dalam hatiku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Mulailah setiap hari dengan bersekutu dengan-Nya dalam doa dan perenungan secara pribadi.

HIKMAT HARI INI

Tidak ada yang paling utama dan paling penting dalam hidup selain mengenal Tuhan dan melakukan perintah-perintah-Nya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com