WASPADA ANGIN PENGAJARAN PALSU

Kamis,14 Maret 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 4:13-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Ulangan 25

AYAT HAFALAN

Efesus 4:14

RENUNGAN INSPIRASI

Salah satu value yang dipegang oleh NDC dalam Discipleship adalah mengenai pengajaran yang berpusat pada Alkitab (Biblical Teaching). NDC ingin agar supaya setiap jemaat Tuhan menjadi murid Yesus yang dewasa sehingga tidak mudah disesatkan oleh berbagai pengajaran (Efesus 4:14).

Ada beberapa bentuk penyesatan yang terjadi di dalam gereja. Pertama, menambahkan kebenaran Alkitab (Wahyu 22:18). Bentuk penyesatan ini menambahkan kebenaran Alkitab dengan tradisi, kitab atau mesias yang tidak pernah diajarkan Alkitab. Bahkan, seringkali pengajarnya menekankan “tambahan” tersebut lebih penting dari kebenaran Alkitab itu sendiri. Salah satu contohnya adalah ajaran Mormon. Ajaran ini menyatakan bahwa Alkitab bukanlah satu-satunya dasar kebenaran, harus ditambahkan dengan kitab Mormon, dan tidak ada keselamatan jika tidak menerima Joseph Smith sebagai nabi Allah. Kedua, mengurangi kebenaran Alkitab (Wahyu 22:19). Bentuk penyesatan ini adalah dengan meniadakan ajaran-ajaran tertentu yang ada dalam Alkitab. Contoh yang paling jelas dapat kita lihat dalam ajaran Saksi Yehova. Mereka percaya tidak ada neraka di mana orang berdosa akan dihukum. Mereka tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, mereka memandang Yesus hanya sebagai ciptaan yang paling mulia. Ada juga ajaran yang membaptis atau memberi Perjamuan Kudus dengan maksud supaya orang sakit sembuh, atau agar masalah bisnis atau masalah keluarga ditolong Tuhan. Bahkan orang-orang non Kristen diperbolehkan untuk mengikuti kedua sakramen tersebut. Ajaran ini meniadakan makna sesungguhnya dari Baptisan Air, yaitu bertobat serta beriman kepada Yesus, dan makna sesungguhnya Perjamuan Kudus, yaitu untuk mengingat kembali akan pengorbanan Yesus. Praktik-praktik ini tidak ubahnya sebagai perdukunan dalam Gereja. Sebetulnya, masih banyak lagi pengajaran yang tidak Alkitabiah berkembang saat ini. Namun kuncinya di sini adalah bagaimana kita terus tertanam dalam pengajaran yang murni dan Alkitabiah sehingga dapat membedakan pengajaran yang keliru. Oleh karena itu, mari tertanam di NDC, ikuti setiap pengajaran yang sesuai dengan Firman Tuhan, dan hal yang terpenting, jangan lupa untuk berdoa meminta petunjuk dari Roh Kudus.  (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda pernah menerima pengajaran yang tidak Alkitabiah? Hal apa yang harusnya Anda lakukan?
2. Apa saja ciri dari pengajaran yang tidak Alkitabiah? Bagaimana cara Anda membedakannya?

POKOK DOA

Bapa di sorga, aku rindu menerima pengajaran-Mu yang murni. Mulai hari ini, aku rindu untuk berkomitmen penuh untuk menjadi murid Kristus. Roh Kudus bimbing aku agar terhindar dari pengajaran yang bukan berdasarkan kebenaran yang murni. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin

YANG HARUS DILAKUKAN

Tertanamlah di dalam gereja yang mengajarkan pengajaran yang Alkitabiah. Ikutilah setiap pengajarannya dan terus berdoa minta Roh Kudus untuk memberikan pengertian kepada Anda.

HIKMAT HARI INI

Satu-satunya cara agar terhindar dari angin pengajaran palsu adalah dengan tertanam dan berakar di dalam ajaran Firman Tuhan yang murni.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com