MELUPAKAN MASA LALU

Kamis,31 Januari 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kejadian 50:15-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY

BILANGAN 19

AYAT HAFALAN

Filipi 3:13

RENUNGAN INSPIRASI

Kita tentu tidak asing lagi dengan seorang pembawa acara  televisi amerika bernama Oprah Winfrey. Oprah suatu saat pernah mengaku ada kisah kelam yang pernah terjadi di masa lalunya. Ia pernah dilecehkan secara seksual oleh pamannya sendiri pada masa kecil. Sebuah pengalaman yang jelas sangat menyakitkan dan tidak mudah untuk dilupakan. Akan tetapi, ia sudah mengalami kesembuhan batin dan berani mengungkapkan hal itu untuk memotivasi orang yang mengalami kejadian serupa. Sampai saat ini Oprah masih dikenal sebagai salah satu pembawa acara paling terfavorit di dunia.

Pengalaman yang menyakitkan hati juga pernah dialami oleh seorang bernama Yusuf. Alkitab menceritakan, Yusuf pernah ingin dibunuh oleh saudara-saudaranya, meski akhirnya hal tersebut tidak terjadi. Ruben salah satu saudaranya memohon kepada para saudara yang lain untuk membiarkan Yusuf hidup. Tidak dapat dibayangkan betapa sakitnya perasaan Yusuf waktu itu. Masalahnya orang yang ingin membunuhnya bukanlah orang lain tapi saudara kandungnya sendiri. Beberapa tahun lewat, atas pertolongan kuasa Tuhan, ia pun melupakan semua kenangan pahitnya. Ia memberikan pengampunan kepada semua saudaranya dan berbuat baik kepada mereka (Kejadian 50:20). Berada di tahun yang baru mungkin ada diantara kita yang masih menyimpan kenangan buruk di masa lalu. Entah itu kenangan tentang perbuatan jahat dari orang terdekat, kenangan pernah difitnah oleh rekan usaha, pernah mengalami perlakuan buruk oleh orang tua, atau pernah mengalami pelecehan seksual. Mari ambil langkah iman untuk memberikan pengampunan kepada orang yang telah melukai hati kita. Tuhan ingin Anda menjalani tahun ini tidak lagi dengan kenangan masa lalu yang menyakitkan, Dia ingin Anda menikmati janji dan kebaikan-Nya. (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Kenangan buruk apa saja yang masih tersimpan di dalam hati dan pikiran Anda? Hal apa yang seharusnya dilakukan?
2. Bagaimana cara Anda keluar dari belenggu masa lalu yang buruk selama ini?

POKOK DOA

Bapa di sorga, mampukan aku untuk bisa keluar dari belenggu masa lalu yang buruk. Roh Kudus mampukan aku saat mengambil langkah iman untuk mengampuni dan melupakan kenangan masa lalu yang buruk. Dalam nama Tuhan Yesus, Kristus. Amin

YANG HARUS DILAKUKAN

Jangan pernah membiarkan hidup Anda dikuasai oleh masa lalu, buanglah segala pikiran negatif, dan isilah pikiran Anda dengan hal yang positif.

HIKMAT HARI INI

The Journey is much easier when you are not carrying your past.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com