DAMPAK DARI MENGUCAP SYUKUR

Minggu,27 Januari 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 57:8-12

BACAAN NDC BIBLE STUDY

BILANGAN 15

AYAT HAFALAN

Mazmur 139:14

RENUNGAN INSPIRASI

Lou Gehrig adalah salah satu bintang baseball terbesar yang dijuluki kuda besi. Dia adalah bintang baseman pertama New York Yankees yang memiliki karier dan prestasi yang luar biasa, tetapi juga menderita penyakit yang menghancurkan kariernya. Beberapa bulan sebelum meninggal, tepat ketika Yankees memberi penghormatan atas prestasi bisbolnya, Gehrig mengambil kesempatan untuk berbicara. Dia mengungkapkan penghargaan kepada vendor yang menjual hot dog di stadion, para pengambil tiket, cleaning service, dan pekerja stadion yang berkontribusi pada kariernya. Dia kemudian melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia sangat bersyukur dan menganggap dirinya sebagai orang paling beruntung di muka bumi. Ketika banyak orang menemukan alasan untuk merasa hancur, Lou Gehrig memilih untuk melihat apa yang telah diberikan kepadanya dan bersyukur untuk itu. 

Syukur adalah karunia yang membantu kita menghargai apa yang kita miliki dan memperindah hidup kita bahkan jika situasi sangat buruk. Bacaan firman Tuhan hari ini, dinyanyikan oleh Daud ketika dalam pelarian. Ia sedang dikejar-kejar Saul dan dikelilingi dengan rasa takut. Ke mana pun ia bersembunyi, selalu saja ada orang Saul yang melihatnya dan maut seakan mengancamnya dari segala arah. Namun, dalam situasi itu Daud memilih untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Saat ini, kita telah berada di tahun yang baru. Sudahkah Anda mengucap syukur kepada Tuhan? Ingat, mengucap syukur bukan hanya karena kita memiliki kehidupan yang baik, tetapi rasa syukurlah yang membuat hidup kita bahagia dan lebih baik. Dengan rasa syukur, kita sanggup menjalani kehidupan, memiliki hubungan yang lebih baik dengan Tuhan maupun sesama, memiliki sikap yang lebih positif, dan mengalami tingkat kebahagiaan yang lebih besar dalam hidup kita. Rasa syukur mungkin tidak sekaligus mengubah keadaan yang sulit, tetapi akan mendatangkan damai sejahtera. Karena itu, apa pun yang terjadi dalam hidup Anda, tetapkanlah pilihan untuk mengucap syukur atas segala sesuatu yang telah Anda terima karena Tuhan juga sangat menyukai ucapan syukur. (EK)

REFLEKSI DIRI

1. Dalam situasi yang bagaimanakah Anda harus mengucap syukur?
2. Apa yang membuat Anda ingin mengucap syukur? Apa yang Anda dapatkan ketika mengucap syukur?

POKOK DOA

Bapa di Sorga, aku mau mengucap syukur kepada Tuhan dalam situasi apa pun yang aku hadapi. Aku mohon agar Roh Kudus senantiasa menolongku untuk melakukan pilihanku ini. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tetapkanlah pilihan untuk mengucap syukur sekalipun situasi sangat tidak memungkinkan.

HIKMAT HARI INI

Mengucap syukur mungkin tidak akan menolong Anda keluar dari kesulitan tetapi akan memberikan kedamaian yang membuat Anda tetap tenang untuk menemukan solusi.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com