JADILAH AIR, BUKAN SODA

Sabtu,29 September 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 4:26-32

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Kejadian 12

AYAT HAFALAN

Efesus 4:26

RENUNGAN INSPIRASI

Seorang teman pernah berkata kepada saya, "Jangan jadi seperti sebotol soda, namun jadilah seperti sebotol air." Awalnya saya tidak begitu mengerti maksud perkataannya, namun setelah dijelaskan saya baru mengerti bahwa ia sedang berbicara tentang anger management (Mengelola Emosi). Botol itu diibaratkan sebagai diri Anda. Soda dan air melambangkan emosi dan reaksi yang ada di dalam diri Anda. Dunia luar akan mengguncang Anda dengan persoalan, musibah, dan lain sebagainya, kapan saja dan terus menerus. Jika emosi Anda seperti soda, ketika tutup botol dibuka, maka Anda akan meledak dan menyemburkan amarah Anda ke segala arah. Tetapi jika emosi Anda seperti air, ketika tutup dibuka, air itu tetap sama tenangnya seperti sebelum diguncang.
Perasaan marah adalah hal yang wajar untuk dialami oleh setiap orang. Tuhan tidak melarang kita untuk marah, namun Ia ingin kita mampu mengendalikan perasaan marah  dengan baik. Seperti air dalam botol, ketika diguncang air akan ikut terguncang. Namun ketika guncangan berakhir, air akan kembali tenang dan tetap tenang saat tutup dibuka. Berbeda dengan sebotol soda, yang menyimpan gejolak di dalam dirinya dan siap meledak. Amarah yang tidak dibereskan dan dipendam untuk waktu yang cukup lama, suatu saat akan menyembur keluar seperti soda. Firman Tuhan memerintahkan kita agar jangan sampai kita jatuh ke dalam dosa karena amarah kita, dan juga jangan sampai amarah kita itu berlarut-larut (Efesus 4:26). Bila Anda tergolong orang yang mudah marah, mulailah untuk belajar  bersabar dan kendalikanlah amarah Anda, sebelum amarah Anda mengendalikan Anda.  Mintalah Roh Kudus untuk menjamah dan memberikan kedamaian dalam hati Anda. (EV)

REFLEKSI DIRI

1. Dalam hal mengendalikan amarah, termasuk golongan manakah Anda? Soda atau air?
2. Kebiasaan apa yang Anda lakukan ketika dilanda rasa marah dan berapa lama hal itu dapat berlangsung?

POKOK DOA

Bapa di sorga, jamahlah hatiku dan ubahlah diriku, Tuhan. Aku mau belajar untuk mengendalikan emosiku atau belajar untuk menyalurkannya kepada hal-hal yang positif. Aku ingin menjadi seperti sebotol air, yang dapat kembali tenang walau sebelumnya mendapat guncangan yang begitu hebat. Roh Kudus, kuatkanlah aku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Latihlah diri Anda untuk mengendalikan emosi, khususnya amarah Anda. Salurkanlah energi dari emosi Anda kepada hal-hal yang lebih positif.

HIKMAT HARI INI

Menjadi marah itu mudah, tetapi menjadi marah dengan orang yang tepat, pada tingkat yang tepat, pada waktu yang tepat dan untuk tujuan yang benar, tidak semua orang menguasainya dan itu bukanlah hal yang mudah. - Aristoteles
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com