PERBESAR HIKMAT

Rabu,26 September 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

Pengkhotbah 10:1-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Kejadian 9

AYAT HAFALAN

Pengkhotbah 10:10

RENUNGAN INSPIRASI

Di tahun 2020, diprediksi akan meletus Revolusi Industri Teknologi yang ke-4; ketika robot-robot mutakhir, transportasi cerdas, kecerdasan buatan, mesin pembelajaran, serta material, bioteknologi, dan genomik yang telah maju mulai memenuhi berbagai macam industri. Perkembangan ini akan mengubah cara hidup dan cara bekerja manusia. Beberapa pekerjaan akan lenyap. Sementara akan muncul pekerjaan baru yang mungkin saat ini belum terpikirkan. World Economic Forum telah merilis laporan yang berisikan 10 keahlian yang dibutuhkan di tahun 2020. Tiga dari 10 keahlian tersebut  antara lain: Cognitive Flexibility, Critical Thinking, dan People Management. 
Menyambut perubahan besar di masa yang akan datang, Tuhan pun mau anak-anak-Nya memperbesar hikmat dan pengetahuan dalam kehidupannya. “Kapak yang tumpul menghabiskan banyak tenaga. Bersikaplah bijaksana dan asahlah mata kapakmu supaya engkau berhasil” (Pengkhotbah 10:10 FAYH). Hikmat itu umpama seperti mata kapak yang harus diasah sehingga dapat menumbangkan pohon yang besar dengan mudah. Kapak yang tumpul hanya akan menghabiskan banyak tenaga. Selain kita menjadikan firman Tuhan sebagai sumber segala hikmat, kita juga perlu mengisi pikiran dengan pengetahuan dan mempelajari keahlian yang baru. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Bila Anda adalah seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, bacalah buku-buku yang bisa memperkuat kepemimpinan dan menghadirkan ide strategis baru dalam perusahaan Anda. Bila Anda seorang  wirausahawan, rajinlah mengikuti seminar yang berkualitas, membaca buku yang bisa menghadirkan ide-ide kreatif bagi usaha Anda. Bangunlah relasi dengan orang-orang berhasil, belajarlah dari mereka. Ingatlah, pengetahuan atau cara yang berhasil di masa lalu belum tentu dapat digunakan sebagai solusi di masa yang akan datang. “Never stop learning; when we stop learning, we stop growing” (Jangan pernah berhenti belajar, ketika kita berhenti belajar, kita akan berhenti bertumbuh). (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa kita perlu selalu mengasah hikmat dan kecerdasan kita?
2. Apa komitmen yang ingin Anda lakukan untuk mengasah dan memperbesar hikmat serta kecerdasan Anda?

POKOK DOA

Bapa di sorga, berikanlah aku semangat untuk selalu mempelajari hal-hal yang baru untuk mengasah hikmat dan kecerdasanku. Roh Kudus, bimbinglah aku untuk selalu hidup di dalam kehendak-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jadilah seorang pembelajar seumur hidup Anda. Perbesar kapasitas Anda melalui pengetahuan dan keahlian-keahlian yang baru.

HIKMAT HARI INI

"If I had six hours to chop a tree, I’d spend the first four hours sharpening the axe.” – Abraham Lincoln
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com