SEHAT JASMANI DAN ROHANI

Jum'at,21 September 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Timotius 4:1-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Kejadian 4

AYAT HAFALAN

3 Yohanes 1:2

RENUNGAN INSPIRASI

Saat ini banyak orang mulai menyadari bahwa tubuh yang sehat adalah aset berharga sehingga perlu dijaga. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, istirahat yang cukup hingga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tentu saja merawat kesehatan jasmani itu perlu dan harus dilakukan, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal. Bahkan Firman Tuhan sendiri mengatakan bahwa tubuh kita adalah bait Allah yang perlu diperlihara (1 Korintus 3:16).
Kesehatan jasmani yang baik belumlah lengkap bila tanpa rohani yang sehat. Karena bahaya yang sebenarnya akan terjadi tatkala kita tidak sehat secara rohani. Hal itu akan membuat hubungan pribadi kita dengan Tuhan terasa hampa dan tanpa gairah. Dampaknya pada keseharian kita sangat besar. Sukacita berkurang, kehilangan damai sejahtera, emosi menjadi labil dan berbagai dampak negatif lainnya. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kesehatan rohani dapat terjaga. Kita dapat melakukannya dengan rutin beribadah ke gereja, terlibat aktif dalam CORE (Ibrani 10:25), membaca dan merenungkan firman Tuhan dan memiliki waktu pribadi untuk berdoa dan menyembah Tuhan. Bila Anda adalah seorang yang rutin menjaga kesehatan tubuh Anda, mulai hari ini pastikan juga Anda memiliki rohani yang sehat. Sedangkan bagi Anda yang selama ini tidak begitu memperhatikan kesehatan tubuh Anda, mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat. Mulailah berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan istirahatlah yang cukup, serta jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebugaran rohani Anda. Percayalah, bila tubuh Anda dan roh Anda sehat, maka Anda akan semakin efektif dalam menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawab yang Tuhan berikan, dan hidup Anda akan maksimal.  (VZ)

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana kondisi kesehatan rohani Anda saat ini?
2. Apa komitmen yang ingin Anda ambil untuk menjaga tubuh dan rohani dalam keadaan sehat?

POKOK DOA

Bapa di sorga, ajar aku untuk bertanggung jawab dengan kesehatan tubuh dan rohaniku. Aku percaya, saat keduanya dalam keadaan sehat, hidupku akan lebih maksimal di dalam melakukan kehendak-Mu di dunia. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Mulailah untuk melakukan pola hidup sehat, baik untuk tubuh jasmani Anda, maupun untuk kerohanian Anda.

HIKMAT HARI INI

Tubuh dan roh tidak bisa dipisahkan. Kita perlu menjaga keduanya untuk senantiasa hidup sehat dan bugar.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com