MENJALANI PROSES PEMURNIAN

Sabtu,25 Agustus 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Petrus 1:1-7

BACAAN NDC BIBLE STUDY

3 Yohanes 1

AYAT HAFALAN

1 Petrus 1:7

RENUNGAN INSPIRASI

Harga emas cenderung stabil dan bahkan naik dari waktu ke waktu. Sampai hari ini banyak orang suka membeli emas karena dapat menjadi perhiasan dan sekaligus sebagai investasi atau tabungan. Di pasaran ada emas dengan kadar 18 karat, 22 karat, 24 karat, dan ada logam mulia yang kadar kemurnian emasnya mencapai 99.99%. Untuk mendapatkan tingkat kemurnian yang demikian, emas harus dibakar dan dimurnikan untuk menghilangkan unsur-unsur lainnya. Proses pemurnian ini dimulai dengan membakar emas di dalam api yang bersuhu lebih dari 1.000°C dan kemudian dilakukan serangkaian proses kimia yang panjang hingga dihasilkan emas yang murni dan berkilauan. Proses panjang ini begitu melelahkan, tetapi ada suatu kebahagiaan tersendiri di akhir proses ini, yaitu memperoleh emas murni yang amat berharga.
Berbicara tentang emas yang nilainya begitu mahal, ternyata Firman Tuhan pun mengatakan bahwa kehidupan orang percaya sama seperti emas yang berharga (1 Petrus 1:7). Banyak orang yang tidak memahami hal ini, mereka berpikir menjadi orang Kristen artinya hidup tanpa ada masalah dan kesukaran. Hal ini tentu saja keliru. Setiap kita harus melalui proses pemurnian agar iman kita memiliki kualitas tinggi. Namun kita bersyukur, bahwa Tuhan tidak pernah mengizinkan pencobaan yang kita alami itu melebihi kekuatan kita. Dan Tuhan tahu kapan waktu proses tersebut selesai. David Roper, seorang hamba Tuhan, pernah berkata, “Pencobaan kita saat ini, betapa pun pedihnya, sudah disaring melalui hikmat dan kasih Allah. Sang Pemurni duduk di samping tungku, menjaga nyala api, mengamati prosesnya, menunggu dengan sabar sampai wajah-Nya terpantul di permukaan.” (FD)

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda mengalami proses pemurnian iman dalam hidup? Hal apa yang Anda lakukan saat itu?
2. Mengapa iman percaya kita kepada Tuhan perlu mengalami proses pemurnian?

POKOK DOA

Bapa di sorga, aku percaya, ujian dan persoalan apa pun yang menimpaku, tidak akan melebihi batas kekuatanku. Aku menyerahkan hidupku untuk dimurnikan semakin indah bagi kemulian nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bertahanlah dalam proses pemurnian iman. Percayalah kita pasti bisa melaluinya bersama Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Ketahuilah bahwa kesukaran dan kesengsaraan hidup bukanlah tujuan, namun sarana yang dipakai Tuhan agar kita dapat menjadi sebuah karya Tuhan yang indah.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com