Mencari Pasangan Seiman dan Sepadan

Rabu,14 Februari 2018

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Lukas 1

AYAT HAFALAN

2 Korintus 6:14

RENUNGAN INSPIRASI

Pernikahan adalah sebuah perjalanan panjang yang dijalani seumur hidup. Teman perjalanan yang kita perlukan bukan saja yang bisa menolong, namun pasangan yang bisa mendukung untuk menggenapi tujuan Tuhan dalam kehidupan. Firman Tuhan mengajarkan, dalam masa pencarian pasangan hidup, sobat muda perlu menemukan pasangan yang “seiman” dan “sepadan” (2 Korintus 6:14-15). Pasangan yang “seiman” bukan hanya sebatas berada di dalam lingkup satu gereja. Namun lebih dari itu, seiman yang dimaksud adalah yang memiliki buah pertobatan, hati yang sungguh-sunguh mengasihi Tuhan dan taat dalam melakukan perintah-Nya. Sobat muda dapat mempelajari pengajaran Yesus tentang perumpamaan Lalang dan Gandum dalam Matius 13:24-30.

Ada beberapa ciri yang terlihat dari calon pasangan yang memiliki iman yang sejati. Pertama, mencintai Firman Tuhan. Kamu bisa memperhatikan body language-nya saat sedang mendengarkan firman Tuhan. Apakah dia sungguh-sungguh atau sebaliknya? Kedua, membenci dosa. Perhatikanlah apakah si dia memiliki prinsip hidup untuk mau taat pada perintah Tuhan dan menjaga kekudusan. Ketiga, bertumbuh dalam iman. Hal ini dapat terlihat dari buah pertobatan yang nyata dalam hidup sehari-harinya. Apakah si dia mau terlibat dalam kelas pemuridan dan berkomitmen untuk bertumbuh secara rohani?

Nah sekarang, apa yang dimaksud dengan sepadan? Dalam Kejadian 2:18, Tuhan Allah berfirman, ”Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong  yang sepadan baginya.” Kata sepadan dalam bahasa aslinya yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris “corresponding to himself” dapat juga berarti “melengkapi”. Melengkapi apa? Banyak! Sepadan bukan berarti sama. Selain dapat diartikan melengkapi, sepadan dapat pula diartikan saling mengimbangi. Kesepadanan ini dapat mencakup banyak hal. Misalnya saja kesepadanan dalam hal latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial dan lain sebagainya. Memiliki pasangan yang tidak sepadan atau tidak seimbang dalam satu atau beberapa hal akan dapat membuat hubungan kamu berdua berpotensi untuk menghadapi berbagai masalah. Bila saat ini sobat muda sedang dalam masa menanti atau mencari pasangan hidup, pastikan calon pasangan hidupmu itu seiman dan kalian berdua juga sepadan. Sementara bagi sobat muda yang sedang menjalin hubungan berpacaran, cobalah evaluasi kembali. Sudahkah kamu berdua menjadi pasangan yang seiman dan sepadan? 

YANG PERLU DIRENUNGKAN

Hal-hal apakah yang perlu dipertimbangkan saat memilih pasangan hidup? Apa yang dimaksud dengan “seiman” dan “sepadan”? Sudahkah kamu melihat ciri-ciri tersebut ada dalam diri calon pasanganmu?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com