Sekolah Online Jason

Senin, 26 Oktober 2020

Ayat Hafalan

2 Korintus 8:21

Ayo Renungkan

Karena pandemi, Jason dan juga kita semua harus bersekolah secara online. Awal sekolah, ia selalu mengabaikan gurunya. Mama harus mengawasi Jason terus menerus saat sekolah online agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Setelah beberapa minggu, Mama merasa Jason sudah bisa lebih bertanggung jawab dan tidak perlu pengawasan lagi. “Mama tinggal, ya. Kamu belajar yang rajin ya,” kata Mama. “Siap, Ma!” Jason mengiyakan. Begitu Mama pergi meninggalkannya, bukannya memperhatikan penjelasan yang disampaikan gurunya, ia malah mendengarkan musik dan kebiasaan buruknya terulang lagi. Akibatnya, saat guru memberikan quiz, Jason mendapat nilai yang buruk.

Teman-teman, bagaimana dengan kamu selama bersekolah secara online? Memang ketika sekolah dilakukan secara online, guru tidak bisa melihat dan mengawasi kita satu per satu secara langsung. Namun, itu bukan berarti kita boleh bersikap semaunya dalam belajar. Melakukan sesuatu yang benar itu tidak boleh hanya saat ada yang mengawasi kita saja. Seharusnya, kapan pun, di mana pun, bahkan saat tidak ada orang sekalipun, kita harus tetap melakukan yang benar. Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita bahwa kita telah memiliki hidup yang baru di dalam Tuhan Yesus. Kita harus belajar untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama kita yang tidak sesuai dengan firman Tuhan. Kita harus diperbaharui terus menerus oleh Allah. Jadi, melakukan hal yang benar harus menjadi kebiasaan dan diusahakan sungguh-sungguh, supaya kita bisa menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita. [VJ]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Bagaimana sikapmu selama ini dalam mengikuti sekolah online?
2. Kebiasaan buruk apa yang masih sulit kamu hilangkan? Langkah-langkah apa yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, aku mau meninggalkan kebiasaan burukku yang lama dan melakukannya yang benar di hadapanMu dan di hadapan semua orang. Biar hidupku menjadi berkat bagi orang-orang di sekitarku. Haleluya, Amin.

Ayo Lakukan

Miliki kebiasaan untuk hidup benar kapan pun, dimanapun, dan ketika ada yang melihat atau tidak.

Tahukah Kamu

Penelitian menemukan bahwa bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan yang baru, maka kebisaaan itu perlu dilakukan berulang-ulang secara terus menerus rata-rata selama 66 hari atau sekitar 2 bulan.

Ayo Ucapkan

Aku mau melakukan yang benar di hadapan Tuhan dan manusia.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com