Tetap Teguh

Jum'at, 23 Oktober 2020

Ayat Hafalan

Mazmur 119:9

Ayo Renungkan

Dalam bacaan Alkitab kita hari ini, kita bisa membaca kisah tentang Daniel bersama teman-temannya. Daniel yang masih muda, ditawan ke negri Babel. Tantangan pertama yang dihadapi oleh Daniel adalah tantangan untuk menjaga kekudusan hidup dengan tidak memakan makanan yang biasa disajikan di istana raja Babel. Makanan-makanan yang disediakan banyak yang dilarang oleh perintah Tuhan. Daniel dan kawan-kawannya meminta untuk disediakan sayur-sayuran sebagai makanan mereka dan air sebagai minum mereka. Ternyata, meskipun Daniel dan kawan-kawannya hanya makan sayuran dan minum air selama 10 hari, tetapi tubuh mereka tetap sehat dan mereka justru menjadi yang paling cerdas dari anak-anak muda yang dipilih untuk dilatih menjadi pegawai istana. Bila kita membaca seluruh kisah hidup Daniel, kita akan menemukan Daniel sungguh-sungguh menjaga hidup tetap kudus di mata Tuhan dan Tuhan pun menjaga hidup Daniel dengan luar biasa. Daniel menjadi pejabat tinggi yang melayani 4 raja dari 3 kerajaan yang berbeda.

Teman-teman, kita harus belajar dari Daniel dan kawan-kawannya yang selalu memegang teguh perintah Tuhan. Mereka menjaga kekudusan hidupnya dan tetap hidup benar di hadapan Tuhan, bahkan sampai hal-hal yang sepertinya sepele, yaitu urusan makanan. Daniel menjaga hidupnya agar berkenan di hadapan Tuhan, bahkan saat tidak ada orang lain yang memperhatikannya. Kita harus belajar untuk berpegang teguh pada perintah Tuhan dan melakukan apa yang benar di hadapan Tuhan kapan pun dan di mana pun, baik ketika ada yang melihat maupun tidak ada orang yang melihat kita. (IAM-HS)

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa yang dapat kamu pelajari dari kisah hidup Daniel dalam bacaan Alkitab kita hari ini?
2. Sebutkan dalam hal apa saja kamu mau belajar untuk menjaga hidupmu agar benar di hadapan Tuhan?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, terima kasih buat penyertaan-Mu dalam hidupku. Ajarku agar tetap berpegang teguh pada kebenaran firman-Mu dan selalu melakukan hal yang benar di hadapan-Mu kapan pun dan di mana pun. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Yuk, kita jaga hidup kita agar tetap kudus di hadapan Tuhan.

Tahukah Kamu

Daniel adalah tokoh Alkitab yang dipakai Tuhan dengan luar biasa. Daniel menjadi pejabat istana di kerajaan Babel yang dipimpin oleh raja Nebukadnezar hingga anak Nebukadnezar, kemudian pada zaman kerajaan Media yang dipimpin oleh raja Darius, hingga kerajaan Persia yang dipimpin oleh raja Koresh.

Ayo Ucapkan

Aku mau hidup benar dimana pun dan kapan pun.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com