Pohon Pisang Tuan Roma

Selasa, 20 Oktober 2020

Ayat Hafalan

1 Korintus 13:5

Ayo Renungkan

Tuan Roma, menanam sebuah pohon pisang di depan rumahnya. Setiap hari ia menyiraminya dengan rajin. “Besok pisangku sudah siap panen,” kata Tuan Roma pada dirinya sendiri. Sore itu, ia melihat Boy, si kera kecil sedang menatap buah pisangnya yang belum matang. Tuan Roma langsung mengusirnya karena ia pikir Boy pasti ingin mengambil buah pisangnya. “Jangan dekat-dekat ya. Saya tidak mau membagi buah pisang saya.” Malam itu hujan badai sangat deras. Esok paginya, Tuan Roma melihat buah pisangnya sudah rusak akibat badai. Ia sangat sedih. Tiba-tiba terdengar suara, “Om Roma, ini aku bagi buah pisangku buat Om.” Ternyata itu suara Boy. Tuan Roma sangat terharu, ia langsung meminta maaf karena kemarin telah berkata kasar dan mereka makan pisang bersama-sama.

Nah teman-teman, apa yang dilakukan Tuan Roma kepada Boy tentu tidak baik ya. Tuan Roma langsung marah-marah tanpa tahu maksud perbuatan Boy. Padahal Boy hanya melihat buah pisangnya, bukan ingin mengambilnya. Lain halnya dengan Boy yang tetap baik kepada Tuan Roma meski mendapat perlakuan tidak baik. Sebagai anak Tuhan, kita juga harus melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Boy ya. Semua hal yang kita ucapkan, lakukan, bahkan pikirkan harus berdasarkan kasih. Meskipun orang lain memperlakukan kita dengan tidak baik, kita harus memaafkan mereka dan tetap bersikap baik pada mereka. [LL]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa yang kamu pikirkan saat melihat orang lain dekat dengan barang kesayanganmu?
2. Apa yang kamu lakukan saat orang lain memperlakukanmu dengan tidak baik?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, ajar aku untuk dapat mengucapkan, memikirkan dan melakukan hal baik. Aku telah menerima kasih Tuhan dan aku mau mengasihi orang lain seperti Tuhan mengasihiku. Amin.

Ayo Lakukan

Buang prasangka buruk terhadap orang lain.

Tahukah Kamu

Pohon pisang hanya berbuah 1 kali saja seumur hidupnya sesudah itu akan mati dan tunas yang baru dari pohon itu akan muncul.

Ayo Ucapkan

Aku mau berlajar untuk memikirkan dan memperlakukan orang lain dengan baik
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com