PERUT IKAN

Senin, 19 Oktober 2020

Ayat Hafalan

1 Yohanes 1:9

Ayo Renungkan

Ikan apa yang paling kalian suka? Ikan lele, ikan gurami, atau ikan salmon? Wah, ada banyak ikan yang enak untuk dimakan ya. Setelah dimasak dengan baik, ikan yang kita sukai akan kita makan dan masuk ke dalam perut kita. Tapi di Alkitab ada kisah unik dimana seorang manusia yang justru masuk ke dalam perut ikan. Wow! Dan lebih uniknya lagi manusia itu masih dapat hidup walaupun sudah 3 hari berada di dalam perut ikan. Ya, dialah Yunus! Manusia pertama yang ditelan ikan besar atas kehendak Tuhan. Mengapa Yunus ditelan ikan besar? Ternyata Yunus ini tidak taat akan perintah Tuhan. Tuhan memerintahkan Yunus untuk pergi ke Niniwe untuk mengabarkan rencana Tuhan agar orang-orang Niniwe bertobat dan kembali menyembah Tuhan. Namun Yunus malah melarikan diri ke Kota Tarsis. Tuhan mengizinkan kapal yang ditumpangi Yunus mengalami badai yang hebat dan Yunus akhirnya dilempar ke lautan dan ditelan oleh ikan besar. Di sinilah Yunus menyadari kesalahan yang ia buat dan akhirnya ia mengakui kesalahannya di hadapan Tuhan dan mau taat. Tuhan kemudian memerintahkan ikan besar tersebut untuk memuntahkan Yunus ke daratan. Tuhan memberikan kesempatan sekali lagi kepada Yunus untuk melakukan apa yang benar.

Mungkin kita pernah seperti Yunus ya, tapi bukan dimakan ikan besar lho. Maksudnya kita pernah tidak taat pada perintah Tuhan. Misalnya saja, kita tahu Firman Tuhan berkata kita harus menjaga perkataan kita, namun kita mengucapkan kata-kata yang menyakitkan hati orang lain. Nah, jangan sampai seperti Yunus ya, mengalami hal yang tidak enak dulu, baru meminta pengampunan kepada Tuhan. Memang, ketika kita mengakui kesalahan dan dosa kita, Tuhan pasti mengampuni karena Dia setia dan adil. Kasih-Nya begitu besar bagi kita semua, tetapi jangan sampai kita harus mengalami hal yang tidak enak dulu karena tidak taat. Ingat, tidak ada yang tersembunyi di hadapan-Nya. Bila kita tidak taat, Tuhan pasti tahu, tapi Tuhan mau kita datang kepada-Nya dan bertobat serta berubah. [AF]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Dalam hal apa kamu masih sulit untuk taat baik kepada Tuhan atau kepada orang tuamu? Mengapa demikian?
2. Apa kata firman Tuhan hari ini tentang ketaatan dan pertobatan? Maukah kamu berubah mulai hari ini?

Ayo Berdoa

Bapa di Sorga, ajar aku untuk melakukan perintah-Mu. Ampuni setiap dosa dan pelanggaranku. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Minta ampun kepada Tuhan atas kesalahan yang kita buat dan berubah.

Tahukah Kamu

Ikan paling besar di dunia adalah hiu paus, panjangnya hampir 19 meter dan beratnya 40 ton. Meskipun memiliki tubuh yang sangat besar dan namanya terdengar menyeramkan, tetapi ikan hiu paus hanya makan plankton (sejenis tumbuhan laut yang ukurannya sangat kecil) dan hewan laut kecil, seperti udang dan ikan-ikan kecil.

Ayo Ucapkan

Aku mau belajar taat.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com