AKULAH TERANG DUNIA

Sabtu,25 Desember 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yohanes 1:1-5

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yohanes 1:4-5

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam dunia ini, terang adalah sumber kehidupan yang dibutuhkan setiap orang. Bila kembali ke penciptaan, sebelum mencipta segala sesuatu Tuhan memulainya dengan menciptakan terang. Itu sebabnya mustahil bagi manusia hidup tanpa terang. Yesus pernah berkata bahwa Ia adalah terang dunia. Perkataan ini Ia ucapkan ketika ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berzinah dan mereka ingin menghakimi perempuan itu. Namun jawaban Yesus membuat mereka tak dapat menghukum perempuan itu. Lantas Yesus pun menyuruh perempuan itu pergi dan memintanya jangan berbuat dosa lagi mulai dari saat itu. Sesudah itulah Yesus menyatakan diri-Nya dengan berkata, "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." (Yohanes 8:12).
Dunia yang kita tinggali ini gelap dengan segala kecemaran dosa. Kutuk dosa telah membuat kita hidup dalam kegelapan. Namun Yesus yang adalah terang telah datang ke dunia untuk menerangi kita semua yang hidup dalam kegelapan, dengan satu tujuan agar kita tak lagi berjalan dalam kegelapan itu. Tanpa Kristus, kita hanya akan berjalan dari kegelapan menuju kegelapan lainnya. Betapa besar kasih Tuhan pada kita. Alkitab menyatakan bahwa Kristus adalah satu-satunya yang tidak takluk pada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia (1 Timotius 6:16). Ia yang dalam terang-Nya tak terhampiri rela datang bagi kita. Apakah kebenaran ini membuat hati kita rindu hidup di dalam terang-Nya? Sadarkah Anda bahwa tanpa Kristus kita tak akan memiliki kehidupan? Jadikanlah Natal kali ini momen untuk memaknai terang Kristus yang sesungguhnya hidup di dalam kita. Jangan lagi bermain-main dengan dosa, sebab gelap tak pernah memiliki tempat di dalam Tuhan karena Tuhan adalah terang adanya. Sebaliknya, seperti kata Paulus pada orang percaya di Efesus agar kita hidup sebagai anak-anak terang, di mana kehidupan itu hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa yang dimaksud dengan ucapan Yesus bahwa Ia adalah terang dunia?
2. Seberapa besar Anda menghayati kebenaran bahwa Yesus adalah terang kehidupan Anda? Dengan cara bagaimana?

POKOK DOA

Tuhan Yesus aku sungguh bersyukur karena dalam terang-Mu yang tak terhampiri, Engkau datang untukku agar aku tidak lagi hidup dalam kegelapan dosa. Di sisa hidupku ini, mampukanlah aku hidup sebagai anak terang bagi sesamaku. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Hiduplah sebagai anak terang dengan meninggalkan dosa dan memiliki kehidupan yang berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran.

HIKMAT HARI INI

“Yesus adalah terang yang menerangi kegelapan. Ia adalah satu-satunya pribadi yang bisa menyelamatkan hidup dari kekacauan.” – William Barclay
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com