OVERCOMING THE WORLD

Senin,28 Juni 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Yohanes 5:1-5

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Yohanes 5:4

RENUNGAN INSPIRASI

Melalui hamba-Nya, Rasul Yohanes, Tuhan memberitahukan bahwa kita akan hidup di akhir zaman, suatu masa yang sukar. Bagaimana mungkin seiring maraknya perkembangan pengetahuan dan teknologi yang mempermudah semua bidang kehidupan, keadaan kita justru menjadi sukar? Harus dipahami bahwa yang makin sukar, yang dihadapi manusia di akhir zaman adalah hidup benar dan berkenan kepada Tuhan. Meningkatnya perkembangan teknologi yang mempermudah semua pekerjaan kita, namun bisa menyita waktu kita dengan Tuhan; maraknya pengetahuan yang membuka wawasan kita namun bisa menjebak kita kepada pola pikir yang tidak memerlukan Tuhan; berbagai kecanggihan teknologi yang membawa kepada dosa perzinahan seperti situs porno, kejahatan, dan penipuan. Hal-hal tersebut ditambah lagi dengan keadaan dunia yang semakin individualis dan makin mencintai dirinya sendiri, yang memicu banyaknya kejahatan dan dosa.
Sebagai orang percaya, kita harus semakin bersungguh dalam iman kepada Kristus. Mengaculah kepada nasihat Tuhan Yesus agar kita bersikap cerdik namun juga tulus. Kita harus menggunakan semua waktu dan fasilitas untuk melakukan hal-hal yang membangun dan berguna bagi kemuliaan nama Tuhan. Jika tidak bersungguh-sungguh dalam iman, kita bisa saja turut tergerus ke dalam berbagai kejahatan pula. Itu sebabnya penting bagi kita untuk menyadari jati diri kita sebagai anak-Nya. Bila pun keadaan di depan sana semakin sukar, kita mungkin akan hidup di tengah-tengah dunia yang marak dengan dosa, namun satu hal yang harus disadari bahwa Tuhan menaruh benih-benih kemenangan di dalam diri kita. Firman-Nya dengan jelas menyatakan bahwa semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita (1 Yohanes 5:4). Marilah hidup dengan iman yang sungguh kepada-Nya sehingga kita bisa tetap hidup berkenan bagi Tuhan sampai pada kesudahannya. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah yang membuat Anda sukar untuk hidup benar di hadapan Tuhan? Bagaimana cara Anda mengatasinya?
2. Menghadapi masa-masa akhir yang semakin sukar apa janji Tuhan bagi kita anak-anak-Nya?

POKOK DOA

Tuhan, bersyukur buat janji kemenangan yang Engkau sediakan bagi anak-anak-Mu. Di tengah dunia yang semakin jahat ini, tolonglah aku untuk mampu mempertahankan hidup yang berkenan bagi-Mu sampai pada kesudahannya. Dalam nama Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Pada saat mengalami penderitaan, jangan menjauh dari Tuhan, sadarilah bahwa kita berasal dari Allah yang mampu mengalahkan kesukaran apa pun bersama dengan-Nya.

HIKMAT HARI INI

“Alkitab dan sejarah Gereja menunjukkan bahwa jalan keluar dari Allah bagi penderitaan umat-Nya tidak selalu berarti bebas dari penderitaan itu sendiri, melainkan kuasa untuk dapat bertahan dalam penderitaan.” – Billy Graham
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com