BUATLAH AKU MENGERTI

Minggu,27 Juni 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Raja-raja 4:29-34; 1 Raja-raja 11:5-6

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 119:34-35

RENUNGAN INSPIRASI

Leonardo da Vinci sering digambarkan sebagai contoh sempurna dari Renaissance Man, seorang pria dengan rasa ingin tahu tak terpadamkan, dan imajinasi yang berdaya cipta. Sebagai seorang pelukis termashyur, penemu, ilmuwan, penulis, dan filsuf, ia telah melahirkan banyak kata-kata bijak yang masih relevan dan menginspirasi. Salah satu kutipannya adalah, "Mereka yang menyukai praktik tanpa teori bagaikan pelaut yang menjalankan kapal tanpa kompas dan kemudi. Ia tidak pernah tahu di mana akan terdampar." Memang benar, tahu saja tidak cukup, kita harus menerapkannya.
Alkitab mencatat Salomo, seorang yang penuh hikmat dan pengertian melebihi semua orang yang pernah ada di dunia ini (1 Raja-raja 3:12). Hal ini tak mengherankan karena memang itu yang diminta oleh Salomo dari Tuhan. "Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut (1 Raja-raja 4:29). Dalam ungkapan Ibrani, akal luas berarti memiliki wawasan yang luas. Hikmat dan wawasan yang dimiliki Salomo tampak dari tiga ribu amsal dan seribu lima nyanyian yang ia gubah. Karena hikmat itu juga, bangsa Israel mencapai puncak kuasa, kedamaian, dan kemakmuran di bawah pemerintahannya. Namun, sungguh ironis karena Salomo tidak mengaplikasikan hikmat luar biasa yang ia miliki dalam kerohaniannya. Hikmat istimewa yang Tuhan karuniakan kepada Salomo tidak dapat menunjang kehidupan spiritual yang baik karena ia tidak menerapkannya dalam realita hidupnya. Kita dapati bahwa tahu dan melakukan adalah dua hal yang berbeda. Tahu saja tidak cukup, dibutuhkan usaha untuk menerapkannya. Mungkin kita tahu banyak firman Tuhan, berbagai pengertian, memiliki wawasan yang luas, namun kita abai menerapkannya. Hati-hati, karena segala pengetahuan menjadi tak berarti jika tidak dilakukan. Berusahalah mengerti firman dan kehendak-Nya dan mintalah agar Roh Kudus memampukan kita untuk melakukan setiap kebenaran dan pengetahuan yang kita ketahui. Seperti pesan ayat firman hari ini, "Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang Taurat-Mu ⦠Biarlah aku hidup menurut petunjuk perintah-perintah-Mu." (Mazmur 119:34-35).[RS]

REFLEKSI DIRI

1. Seberapa besar upaya Anda mencari tahu kebenaran dan pengetahuan akan hikmat Tuhan? Hal apa yang Anda lakukan untuk mengerti dann memahami firman-Nya?
2. Sudahkah Anda melakukan setiap kebenaran dan pengetahuan yang baik yang Anda ketahui?

POKOK DOA

Bapa di Surga, firman-Mu berkata bahwa siapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Mampukan aku untuk menjadi pelaku kebenarn-Mu. Dalam nama Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Cari tahu kebenaran dan berbagai pengetahuan serta mohonkan hikmat dari Tuhan karena demikianlah kita mengasihi Tuhan dengan segenap akal budi. Selanjutnya berusahalah menerapkannya.

HIKMAT HARI INI

“Mengetahui saja tidak cukup, kita harus mengaplikasikannya. Kita harus mewujudkannya dalam aksi.” – Leonardo da Vinci
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com