TUHAN MENGGANTI SEGALA KERUGIAN

Sabtu,26 Juni 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yoel 2:12-25

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yoel 2:25

RENUNGAN INSPIRASI

Hidup ini selalu diwarnai dengan langkah atau keputusan yang mungkin menyebabkan penyesalan dan juga kehilangan. Penyesalan dan kehilangan yang kita alami bisa disebabkan kombinasi dua hal, yaitu karena kita tidak bisa mengetahui semua hal atau karena kita melakukan hal yang jelas salah. Misalnya saja tentang seseorang yang keliru dalam berbisnis, orang yang tidak mengantisipasi kemungkinan kerugian, anak muda yang menjajaki karir yang salah, atau keputusan yang menyebabkan hancurnya relasi, dan lain sebagainya. Di dalam Alkitab, kita juga dapat melihat banyaknya penyesalan dan kehilangan. Panen yang hilang karena dimakan habis belalang, waktu-waktu yang dihabiskan oleh anak yang hilang di negeri yang jauh, tiga hari tiga malam di dalam perut ikan juga membuat Yunus menyesal atas tindakannya.
Melalui kisah tentang wabah belalang yang menghabiskan hasil panen Israel pada zaman nabi Yoel, Tuhan memberikan janji yang akan menjadi penghiburan serta pemulihan bagi kita semua. Dengan penuh belas kasih dan kemurahan, Ia berkata, "Aku akan mengganti segala kerugianmu pada tahun-tahun ketika belalang makan hasil panenmu. Sebab Akulah yang mengirim pasukan belalang itu kepadamu." (BIS). Tuhan adalah sang pemilik sekaligus pembalik keadaan. Ia dapat dengan mudah memulihkan keadaan yang tampaknya tak dapat diperbaiki. Mungkin di waktu-waktu yang lampau ada banyak penyesalan bahkan kehilangan yang kita alami. Apa pun itu, Tuhan memberikan satu jalan untuk kita dapat mengalami kemurahan dan belas kasih-Nya, yaitu "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh."[LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa kehilangan dan penyesalan yang sedang Anda alami saat ini?
2. Apakah Anda percaya bahwa Tuhan sanggup mengganti setiap penyesalan dan kehilangan? Apa bukti dari rasa percaya Anda?

POKOK DOA

Sayangilah, ya TUHAN, umat-Mu, dan janganlah biarkan milik-Mu sendiri menjadi cela, sehingga bangsa-bangsa menyindir kepada mereka. Mengapa orang berkata di antara bangsa: “Di mana Allah mereka?" Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berdoa, carilah Tuhan Yesus dengan sepenuh hati, sambil berpuasa, meratap dan menangis.

HIKMAT HARI INI

Our God is a God of restoration, and He is most able and willing to restore to whatever you have lost.
Tuhan kita adalah Tuhan yang memulihkan, dan Dia paling mampu dan berkeinginan untuk memulihkan apapun yang telah hilang dari Anda.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com