GOOD MAN FOR HIS NATION

Senin,21 Juni 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

2 Timotius 3:16-17; Yeremia 29:7

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

2 Timotius 3:17

RENUNGAN INSPIRASI

Seorang ahli sejarah bernama Froude mengatakan bahwa seluruh sejarah adalah suatu pertunjukan aksi hukum moral. Faktanya, sejarah menunjukkan bahwa kemerosotan moral selalu bergandengan dengan kejatuhan bangsa. Seperti yang pernah diungkapkan oleh George Bernard Shaw, "Tak ada bangsa yang tahan berdiri tanpa moral yang baik." Itu sebabnya dalam ruang lingkup bermasyarakat, Tuhan pernah memberi pesan umat pilihan-Nya agar mengusahakan kesejahteraan kota ke mana mereka dibuang, karena kesejahteraan kota itu adalah kesejahteraan mereka juga. Tuhan bahkan memerintahkan agar mereka mendoakan bangsa yang memperbudak mereka itu. Sebuah perbuatan moral di luar kebiasaan. Sebagai orang percaya, pesan ini penting bagi kita. Selain berdoa untuk bangsa, kita bertanggung jawab mengupayakan kesejahteraannya.
Dalam mengupayakan kesejahteraan itulah peran kita sebagai bagian dari suatu bangsa perlu dibuktikan. Kita turut berperan menjaga keutuhan negara dengan cara menjaga moral kita, dan Alkitab memberi arahan untuk itu. Seperti dikatakan bahwa segala tulisan yang diilhamkan Allah bermanfaat untuk menuntun seseorang yang akan membawa dirinya kepada kebenaran. Firman Tuhan tak pernah mengajar kebencian, permusuhan bahkan pembunuhan sesama umat manusia untuk kepentingan yang mengatasnamakan kebenaran. Firman Tuhan itu justru mengajar seseorang untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran. Alkitab adalah sumber terbaik untuk melakukan hal-hal yang bermoral. Sebagai orang-orang percaya yang telah mengenal kebenaran, sudahkah iman kita terwujud dalam perilaku berbangsa dan bernegara? Tidak cukup hanya merindukan dan mendoakan bangsa kita, perilaku kita juga harus cukup membuktikan kebenaran yang kita yakini kepada bangsa ini melalui perbuatan kita yang bermoral. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sebagai orang percaya, apa tanggung jawab kita dalam memelihara moral bangsa yang baik?
2. Dari mana kita memperoleh sumber ajaran moral yang baik?

POKOK DOA

Bapa di Sorga, Engkau sendiri memerintahkan agar kami turut mengusahakan kesejahteraan bangsa kami. Mampukanlah kami menjaga perilaku yang baik dan berkenan bagimu di tengah-tengah bangsa kami ini. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tunjukkanlah iman kita melalui perbuatan baik yang nyata di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

HIKMAT HARI INI

“Apa pun yang membuat orang menjadi Kristen yang baik, juga membuatnya menjadi warga negara yang baik.” -Daniel Webster
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com