BLESSING OF APPROVAL

Minggu,28 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mikha 2

AYAT HAFALAN

Efesus 6:1

RENUNGAN INSPIRASI

Romeo and Juliet effect adalah sebuah fenomena dalam suatu hubungan, di mana perasaan cinta pasangan akan semakin menggebu-gebu ketika ada tentangan dari pihak keluarga. Tetapi sebuah studi berkelanjutan mengenai fenomena ini menyatakan bahwa tentangan orang tua dalam sebuah hubungan akan menurunkan kualitas hubungan dalam jangka panjang. Riset tersebut memeriksa korelasi antara persetujuan pihak keluarga dengan hubungan ketika berpacaran, dan menyatakan bahwa peran keluarga serta budaya merupakan salah satu faktor yang penting dalam mendukung kualitas dan keawetan sebuah hubungan. Tak dapat dipungkiri, banyak anak muda yang mengalami dilema hari-hari ini karena tentangan orang tua dalam hubungan. Perbedaan budaya, karakter, latar belakang, dan faktor-faktor lainnya membuat hubungan tidak mendapatkan restu dari orang tua sesuai yang diharapkan.
Alkitab mungkin tidak pernah secara langsung menyebut tentang restu dalam hubungan berpacaran, tetapi di dalamnya, kita dapat menemukan banyak perintah dan nasihat untuk taat kepada orang tua. Taat untuk hal yang menyenangkan akan mudah bagi kita untuk melakukannya. Tetapi ada kalanya ketaatan itu menyakitkan, dan membuat kita tidak nyaman. Dalam Kolose 3:20 kita dapat melihat bahwa Tuhan disenangkan ketika kita taat kepada orang tua dalam segala hal. Bentuk ketaatan yang didasari dalam kebenaran dan tidak melanggar Firman Tuhan, akan mendatangkan berkat demi berkat dalam hidup kita, demikian janji yang Tuhan berikan. Mungkin terkadang ada hal yang tidak kita setujui mengenai perspektif orang tua kita. Tidak ada salahnya apabila kita mencoba untuk berdiskusi mengenai apa yang kita rasakan dan menyampaikan isi hati kita. Mungkin terkadang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tetapi marilah belajar untuk taat kepada orang tua, sekaligus sebagai bentuk penyerahan diri kepada Tuhan, sebuah tanda bahwa kita berserah penuh kepada-Nya, bahwa Ia pasti menyediakan yang terbaik menurut waktu dan cara-Nya.[KH]

Pernahkah hubungan Sobat Revive tidak direstui oleh orang tua salah satu pihak? Bagaimana seharusnya kamu meresponi situasi demikian?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com