PLANNING YOUR FAMILY

Rabu,24 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yunus 2

AYAT HAFALAN

2 Korintus 1:17a

RENUNGAN INSPIRASI

Pada tahun 1970, dimulai sebuah penelitian di Bangladesh untuk melihat efek terhadap pemberian alat kontrasepsi. Setengah penduduk diberi alat kontrasepsi, dan setengahnya tidak. Dua puluh tahun kemudian, para ibu yang diberi alat kontrasepsi ternyata lebih sehat, keluarganya lebih makmur. Ibu-ibu tersebut menerima gaji yang lebih tinggi, dan anak-anak mereka mendapat kesempatan yang lebih besar untuk bersekolah. Alasannya sederhana, ketika para ibu memiliki pilihan untuk mengatur kapan mereka bisa hamil, mereka memiliki kesempatan untuk belajar, bekerja, dan membesarkan anak-anak. Hal ini menjadi pelajaran bahwa perencanaan memiliki anak ternyata memberi pengaruh yang besar ke depannya.
Sobat Revive, pernikahan Kristen adalah persekutuan yang eksklusif seumur hidup. Alangkah baiknya jika Sobat saat ini sedang menjalani kedekatan dengan seseorang, pikirkanlah dan bicarakan masa depan hubungan kalian. Mungkin sudah terpikir untuk memiliki rumah, pekerjaan atau bisnis, dan sebagainya. Satu hal yang tak boleh luput adalah perencanaan terkait keturunan. Perencanaan adalah sesuatu yang sangat penting, apalagi dalam membentuk sebuah keluarga Kristen. Ingat, bahwa keluarga adalah sesuatu yang sakral, yang akan dijalani seumur sisa hidupmu. Seperti ayat firman hari ini, kita diajar untuk tidak bertindak serampangan di dalam merencanakan. Artinya, kamu dan pasangan perlu menyusun perencanaan-perencanaan begitu rupa. Seperti contohnya, pemasukan yang dimiliki cukup untuk membiayai berapa anak, apakah memadai untuk memiliki rumah, kendaraan sekaligus memikirkan biaya untuk anak, pendidikan, asuransi, dan sebagainya. Hal-hal demikian perlu dipertimbangkan dengan matang. Sehingga ke depannya, ketika memiliki anak, kamu dan pasangan tidak terkendala dengan masalah ekonomi di dalam membesarkan mereka. Memiliki perencanaan yang baik, akan membantu kamu dan pasangan meminimalisir masalah dalam keluarga, dan tentunya menciptakan keluarga yang baik. Yang terpenting dari semuanya, seperti penulis Amsal ajarkan agar kita menyerahkan setiap rencana dan perbuatan itu kepada Tuhan, maka segala rencana kita akan terlaksana menurut kehendak-Nya (Amsal 16:3). [RS]

Sudahkah Sobat Revive dan pasangan memiliki perencanaan dalam membentuk keluarga? Mengapa perlu ada perencanaan? Bagaimana sebaiknya kamu dan pasangan dalam merencanakan keluarga?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com