LOVE YOURSELF FIRST

Minggu,14 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Amos 2

AYAT HAFALAN

Roma 5:8

RENUNGAN INSPIRASI

Firman Tuhan di dalam Galatia 5:14 mengatakan bahwa "Hendaklah engkau mengasihi sesamamu manusia seperti engkau mengasihi dirimu sendiri." (BIS). Secara tidak langsung, kita mengerti bahwa perihal mengasihi diri sendiri adalah hal yang penting dan lebih dulu harus dilakukan. Ini berbeda dengan narsisme yang tidak sesuai dengan prinsip kasih. Mengasihi diri sendiri adalah sebuah sikap di mana kita mampu menghargai dan mengapresiasi diri, sekaligus berdamai dengan segala ketidaksempurnaan yang ada dalam diri kita. Selain berdampak secara rohani, mengasihi diri sendiri terlebih dahulu bermanfaat bagi kesehatan mental kita, yaitu mengurangi permasalahan psikologis seperti kecemasan, mood swing hingga depresi. Ketika ini terjadi, kita dapat memastikan bahwa kita dapat mengasihi sesama dengan tepat.
Sayangnya, ada banyak orang yang gagal mengutarakan kasih, karena orang tersebut belum berdamai dengan dirinya sendiri. Tak jarang kegagalan yang pernah kita alami menimbulkan sikap rendah diri bahkan membuat kita membenci diri kita sendiri. Mungkin kita merasa tidak cukup baik, memiliki masa lalu yang buruk, keluarga kita tidak seperti keluarga yang utuh pada umumnya, dan akhirnya kita kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika Sobat mengalami hal ini, ingatlah akan kebenaran bahwa kita diciptakan oleh kasih karunia Tuhan, serupa dan segambar dengan-Nya. Kita adalah buatan Allah, bagaikan sebuah mahakarya, yang diciptakan untuk tujuan-Nya yang telah Ia persiapkan (Efesus 2:10). Kasihi dan hargai diri kita dengan cara mengingat-ingat betapa dalam kasih Tuhan sampai-sampai Anak-Nya yang tunggal diberikan bagi kita. Kita dapat memanggil-Nya Bapa, kita adalah anak-anak yang dicintai, dipilih dan diselamatkan. Lihat, keberadaan kita tak ternilai dengan apa pun, tidak ada alasan lagi untuk tidak menerima dan mengasihi diri kita sendiri. [JG&LS]

Apa hal dari dirimu yang paling kamu sukai dan paling tidak kamu sukai? Apakah Sobat Revive pernah merasa rendah diri bahkan membenci diri sendiri? Bukankah Tuhan begitu mengasihi kita hingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal? Bagaimana caramu agar bisa berdamai dan mengasihi diri sendiri terlebih dahulu?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com