SINDROM FOMO (FEAR OF MISSING OUT)

Rabu,10 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yoel 1

AYAT HAFALAN

Efesus 5:15

RENUNGAN INSPIRASI

Kecanduan media sosial dapat berdampak buruk, salah satunya adalah sindrom Fear of Missing Out (FoMO). Istilah ini biasa digunakan untuk menyebut pola perilaku anak muda yang selalu khawatir berlebihan dan merasa ketakutan akan tertinggal tren yang sedang berjalan. Mereka terlalu gemar menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sejenisnya, sehingga bahkan bisa menjadi sangat takut dan cemas bila tidak terhubung dengan akunnya walau hanya beberapa menit. Media sosial memang sering membuat penggunanya kecanduan. Ditambah lagi, seiring dengan maraknya peralatan elektronik, tren mengasingkan diri meningkat. Kebanyakan anak muda menggunakan waktu mereka seorang diri, dibandingkan meluangkan waktu bersama keluarga atau teman.
Sobat Revive, Alkitab secara gamblang memaparkan bahwa hari-hari terakhir keadaan makin sukar dan keadaan sosial semakin merosot. Beberapa ciri yang diungkapkan adalah manusia akan mencintai dirinya sendiri dan tidak tahu mengasihi (2 Timotius 3:1-4). Berkaitan dengan hal ini, maka kamu perlu membangun relasi yang baik dengan dunia nyata. Tren bukan sesuatu hal yang perlu dikejar mati-matian, seperti apa yang disampaikan firman Tuhan bahwa hal yang perlu kamu kejar adalah kekudusan. (Ibrani 12:14). Berusahalah mengejar hidup yang berkenan kepada Tuhan melalui kehidupan yang nyata. Sebagaimana kasih bisa disalurkan melalui relasi yang nyata, yaitu kepada keluarga, sahabat, dan rekan kerja. Tingkatkan komunikasi dan perhatian kepada orang-orang di sekitar kamu, bukan semata di media sosial. Di samping itu karena hari-hari semakin jahat, perhatikanlah dengan seksama bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, yang mempergunakan waktu yang ada dengan baik. (Efesus 5:15-16). Batasi penggunaan media sosial secara berlebihan yang tidak bermanfaat, sebaliknya pakailah waktu kamu untuk hal-hal yang berguna dan membangun. Semoga kamu tidak akan tergerus oleh tren yang akan menjerumuskanmu untuk menjauh dari kasih karunia Tuhan. [RS]

Pernahkah Sobat Revive merasa kecanduan dalam menggunakan media sosial? Langkah apa yang Sobat Revive lakukan untuk mengatasinya?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com