BUCIN

Selasa,09 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hosea 14

AYAT HAFALAN

Matius 7:6

RENUNGAN INSPIRASI

Manusia adalah mahluk sosial dan setiap manusia merindukan terlibat dalam suatu hubungan, baik itu hubungan pertemanan, persaudaraan maupun hubungan romantis. Namun sayangnya, tidak sedikit orang masuk ke dalam hubungan dengan motivasi yang tidak sepatutnya. Misalnya ketika seseorang terlibat hubungan berpacaran, ada orang yang motivasinya hanya demi sebuah status, ingin mengusir rasa sepi, tidak siap sendiri, atau terlanjur mengenal keluarganya. Sayangnya hal ini dapat mengakibatkan seseorang bertahan dalam hubungan yang tidak sehat dan akhirnya menjadi bucin (budak cinta). Seorang bucin bisa dilihat dari ciri khas seperti: berada dalam hubungan yang tidak berimbang, tidak lagi menggunakan logika dalam berhubungan dan hanya mengandalkan perasaan. Mereka terjebak dalam pemikiran bahwa untuk mempertahankan hubungan tersebut, ia harus dapat menuruti segala keinginan pasangannya, bahkan terkadang mereka tak sadar sudah merendahkan dirinya sendiri, dan membiarkan diri diinjak-injak.
Maka dari itu sebelum masuk ke dalam suatu hubungan, Sobat Revive perlu tahu jelas value-mu (nilai) sebagai seorang individu. Setiap kita harus senantiasa ingat bahwa kita adalah biji mata Tuhan, kita adalah ciptaan yang berharga di mata Tuhan. Ketika kamu sudah paham betul tentang dirimu sendiri, barulah kamu dapat mengetahui bagaimana pasangan yang sepadan untukmu, yang juga bisa menghargaimu, bahkan bisa saling value-adding (menambahkan nilai). Menjadi seorang budak cinta yang tidak lagi menghiraukan diri sendiri ibarat menjadi mutiara di telinga babi, Sobat tidak akan pernah dihargai sebagaimana mestinya. Ingatlah bahwa Sobat berharga di mata Tuhan, pahamilah betul nilai diri kita sendiri. Pastinya pasangan yang baik juga dapat mengenali dan menghargaimu, tidak akan merendahkan ataupun meninggikan satu sama lain, melainkan memiliki tujuan untuk bertumbuh bersama dan saling menambahkan nilai-nilai yang positif. [EV]

Apakah Sobat sudah memahami betapa berharganya dirimu? Apa pendapatmu tentang budak cinta? Jika kamu merasa ada kriteria-kriteria bucin dalam dirimu, apa yang harus segera kamu lakukan?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com