ALANGKAH BAHAGIANYA BOLEH MENIKMATI HIDUP

Minggu,31 Januari 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Pengkhotbah 11:7-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hosea 5

AYAT HAFALAN

Pengkhotbah 11:7

RENUNGAN INSPIRASI

Virgina Whiting Walden dirawat di bangsal neutropenic. Ia mengalami kondisi dimana tubuhnya sulit melawan bakteri jahat, sehingga ia menjadi rentan terhadap berbagai jenis infeksi. Ia tak boleh dijenguk. Ia sendirian di ruang perawatan dengan kepala yang botak dan terlihat seperti mayat hidup. Tetapi ia selalu tidur dengan perasaan aman karena ia percaya ia akan pulih. Ia menghabiskan waktu perawatan dengan merasa sangat nyaman sampai-sampai ia bisa menari di kamar rawatnya sambil bernyanyi-nyanyi. Ia menikmati hidupnya di tengah sakitnya, dan sikap ini membawanya kepada kesembuhan yang ia harapkan.

Hidup adalah serangkaian perjalanan yang akan membawa kita kepada kepenuhan rencana indah Tuhan. Kehidupan kita bertumbuh melalui berbagai musim. Dibutuhkan berbagai musim untuk mendapatkan keindahannya, layaknya keindahan bunga sakura yang harus melalui berbagai musim. Maka tak ada cara lain selain kita perlu menerima hidup itu sendiri. Mengutip ucapan Ibu Teresa, "Tuhan menempatkanmu dalam kehidupan yang kau jalani, dan apakah kau menjalani hidup di istana atau gereja, terimalah saja!" Menerima kenyataan itu penting. "Perhatikanlah apa yang telah diperbuat Allah dan janganlah melawan kenyataan-kenyataan yang ada." (Pengkhotbah 7:13 FAYH). Menerima apa yang ada bukan berarti menyerah dan putus asa. Bukan pula sebagai alasan di balik sikap apatis kita, juga keengganan terhadap tanggung jawab. Namun sikap menerima adalah suatu tindakan, yang terdapat di kedalaman hati kita melalui iman kepada-Nya. Maka di setiap pergantian musim hidup, sejatinya harus dilalui. Tak peduli apa pun musim hidup kita, penulis kitab Pengkhotbah mengajarkan bahwa untuk memiliki kebahagiaan hidup adalah dengan menikmatinya. Kita dapati bahwa filosofi hidup bahagia adalah resep yang diajarkan Firman Tuhan. Selagi masih diberi kesempatan, pilihlah untuk hidup dengan bahagia dengan cara menikmati setiap musim kehidupan sepanjang perjalanan hidup kita. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda menikmati setiap musim di dalam kehidupan Anda?
2. Bagaimana caranya Anda menikmati kehidupan ini?

POKOK DOA

Bapa di sorga, aku bersyukur dan menyadari bahwa kehidupan adalah anugerah-Mu, di mana Engkau ingin agar aku menikmatinya. Aku akan menikmatinya selagi diberi kesempatan, mampukanlah aku. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Nikmatilah dan syukurilah setiap momen dan musim kehidupan kita.

HIKMAT HARI INI

Kehidupan adalah anugerah indah yang Kuasa, di mana Ia ingin agar setiap orang bisa menikmatinya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com