MENYERAH PADA KASIH-NYA

Kamis,21 Januari 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 10:26-31

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Daniel 7

AYAT HAFALAN

Ibrani 10:31

RENUNGAN INSPIRASI

Kisah Yunus yang berada di dalam perut ikan memberi pelajaran berharga bagi kita. Di tengah kegagalan Yunus mengikuti kehendak Tuhan, bukti kasih Tuhan dinyatakan melalui penghukuman-Nya. Pada akhirnya Yunus menyerah kepada kehendak Tuhan ketika hidupnya di ujung maut, yaitu di dalam perut ikan. Di sanalah Yunus menyadari kesalahannya, berdoa, dan memohon belas kasihan Tuhan. Katanya, “Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, ... dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak.” Kendati demikian, kasih Tuhan tidak dibatasi oleh kesalahan Yunus.

Sifat Tuhan yang penuh kasih dan penghukuman, adalah dua sisi yang harus kita pahami. Dalam kemurahan-Nya, Ia menerima segala keberdosaan kita. Namun, dalam keadilan-Nya, Ia tak bisa kompromi dengan dosa-dosa kita. Seberapa sering kita abai menyadari hal ini? Apakah di tengah kehidupan yang Tuhan percayakan kita lalai mengejar kekudusan-Nya? Apakah kita merasa nyaman hidup di dalam dosa, sikap tidak mengasihi, dan berbagai perilaku di luar kehendak Tuhan? Ketika kita merasa nyaman, mungkin kita merasa tak ada yang tahu. Ini sangat buruk karena itu artinya kita tak lagi memiliki kepekaan terhadap Tuhan. Marilah kita berhati-hati dengan kehidupan yang telah dianugerahkan Tuhan. Jangan pernah memberi kesempatan kepada Iblis. Jangan lalai mengejar kasih dan kekudusan-Nya. Tetapi ingatlah seperti yang disampaikan teolog Glyn Evans, “Jika Anda tidak bisa menyerah kepada kasih Tuhan, menyerahlah kepada kekerasan-Nya.” Jangan sampai kita jatuh kepada kekerasan Tuhan. Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup! [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa dosa yang masih Anda lakukan, padahal Anda tahu kebenarannya? Bukankah lebih baik menyerah pada kasih-Nya daripada kekerasan-Nya?
2. Apa akibatnya jika Anda tidak mau bertobat dari dosa tersebut?

POKOK DOA

Ya Tuhan, di dalam hidup ini tolonglah aku dalam menjaga kekudusan. Sekiranya aku jatuh dalam dosa, sadarkanlah aku Roh Kudus. Aku percaya di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kita telah banyak memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka jangan lagi berbuat dosa. Jangan sampai kita harus menghadapi kekerasan Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“Jika Anda tidak bisa menyerah kepada kasih Tuhan, menyerahlah kepada kekerasan-Nya.” – Glyn Evans
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com