TUNDUKLAH PADA PEMERINTAHMU

Selasa,29 Desember 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Roma 13:1-7; Yeremia 27:17

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yehezkiel 32

AYAT HAFALAN

Roma 13:1

RENUNGAN INSPIRASI

Setiap kebijakan pemerintah selalu diiringi dengan adanya pro dan kontra, apalagi jika kebijakan tersebut terkesan “tumpul ke atas, tajam ke bawah”. Terhadap isu ini, Alkitab memberikan pengertian kepada kita tentang bagaimana seharusnya orang-orang percaya bersikap. Dari kisah Raja Nebukadnezar yang seorang penyembah berhala, Tuhan mengizinkannya memerintah kaum Yahudi selama 70 tahun. Uniknya, Tuhan memerintahkan agar orang-orang Yahudi masa itu untuk tunduk kepada raja. Nasihat yang sama dapat kita temukan dari Rasul Paulus kepada jemaat di Roma. Pemerintahan kaisar masa itu memberlakukan pajak yang tinggi serta mengizinkan penganiayaan terhadap mereka. Namun Rasul Paulus mengingatkan bahwa tidak ada pemerintahan yang tidak berasal dari Allah. Ada satu pernyataan yang menarik, yaitu “Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu”. Kalimat ini juga dapat menjelaskan pernyataan Allah dalam Yeremia 25:9 yang menyatakan bahwa Raja Nebukadnezar adalah hamba-Nya.

Perhatikanlah kata “hamba Allah”. Ini mengartikan bahwa mereka memang dipakai Allah sebagai kepanjangan tangan-Nya. Jadi Allah pasti memegang kontrol atas setiap pemerintahan, baik itu presiden, raja, para menteri, kepala daerah, atau siapa pun yang disebut pemimpin dalam suatu negara. Begitu pun dengan pemerintah yang saat ini memimpin Indonesia, mereka memimpin atas seizin Allah. Ia berpesan agar kita tunduk terhadap pemerintahan yang ada dengan mentaati setiap undang-undang. Jika ada peraturan yang dianggap menciderai keadilan dan tidak bersinergi dengan peraturan lainnya, kita juga diberikan hak untuk melakukan uji materi sebuah peraturan perundang-undangan. Jangan anarki, mari tunduk terhadap pemerintah kita, lakukan setiap hak dan kewajiban sesuai prosedur dan aturan yang ada. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Kekesalan apa yang pernah Anda alami terhadap pemerintah kita? Apakah Anda yakin bahwa kebijakan tersebut tidak memiliki sisi positif? Lantas apa yang sudah Anda berikan kepada bangsa kita?
2. Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap pemerintah?

POKOK DOA

Ya Tuhan, aku berterima kasih untuk pemerintahan yang telah Engkau tunjuk. Biarlah aku dapat menjadi warga negara yang terpuji, yang hidup secara teratur di bawah kepemimpinan hamba-Mu. Di dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Yakinlah bahwa pemerintah kita adalah hamba Allah untuk kebaikan kita. Jangan bersikap semaunya, lakukan hak dan kewajiban kita sesuai peraturan yang ada.

HIKMAT HARI INI

“Pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikan kita.” –Rasul Paulus
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com