THE FIRST STEP AFTER A CRISIS

Minggu,05 Juli 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Samuel 30:3-20

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Amsal 29

AYAT HAFALAN

Amsal 3:5-6

RENUNGAN INSPIRASI

Krisis adalah situasi titik balik yang dapat membuat sesuatu bertambah baik atau bertambah buruk. Inilah situasi yang juga dihadapi Daud, meskipun kelihatannya ia sudah 90% kalah. Tempat kediamannya, Ziklag, sudah dibakar habis, begitu pula dengan semua warga beserta harta benda telah ditawan. Maka dikatakan bahwa Daud beserta orang-orangnya menangis sampai mereka tidak kuat lagi menangis. Bahkan pada satu titik orang-orangnya justru hendak melempari Daud dengan batu karena mereka sangat pedih hati kehilangan isteri dan anak.
Di tengah kondisi yang membuat Daud sangat terjepit, Alkitab mencatat hal yang pertama kali ia lakukan, “Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.” Menguatkan kepercayaan dapat diartikan memantapkan iman percaya kepada Allah. Dengan hati yang mantap dan sungguh-sungguh, Daud segera bertanya kepada Tuhan tentang langkah yang harus ia ambil. Tuhan berfirman kepada Daud, “Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.” Daud segera bergegas bersama orang-orangnya, dan benarlah bahwa ketika Tuhan yang memberi perintah, maka Ia pula yang akan membuka jalan. Di sungai Besor, Daud bertemu budak orang Amalek yang turut membakar Ziklag, namun ditinggalkan karena jatuh sakit. Melalui pemuda itu, Daud berhasil mengejar gerombolan orang Amalek beserta para tawanan, dan “Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, sampai anak laki-laki dan anak perempuan, dan dari jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali.” Ini titik balik yang membuat keadaan bertambah baik. Mungkin krisis yang baru saja kita alami menciptakan dampak besar dalam hidup. Mengembalikan apa yang hilang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, apa yang Alkitab ajarkan melalui kisah Daud dapat menjadi titik terang bagi kita yang kesulitan untuk memutuskan “apa yang harus dilakukan setelah krisis mereda.” Kuatkanlah kepercayaan kita kepada Tuhan, datang ke hadirat-Nya dengan iman dan kesungguhan, tanyakan kepada Tuhan apa yang harus kita perbuat, dan segera lakukan apa yang menjadi perintah-Nya. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Ketika krisis mulai mereda, langkah pertama apa yang Anda ambil?
2. Sudahkah Anda melibatkan Tuhan dalam langkah pertama Anda?

POKOK DOA

Ya Allahku, aku takut, aku bingung, aku bimbang. Aku menguatkan kepercayaanku dan memohon dengan hati yang sungguh, berikan aku hikmat-Mu, berikan aku petunjuk-Mu, nyatakan jalan-Mu atasku. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku telah menerimanya. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kuatkan kepercayaan kita kepada Tuhan, tanyakan Tuhan apa yang harus kita perbuat, dan segera lakukan apa yang menjadi perintah-Nya.

HIKMAT HARI INI

And whatever you do, in word or deed, do everything in the name of the Lord Jesus.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com