PACARAN BEDA USIA

Kamis,27 Februari 2020

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 50

AYAT HAFALAN

2 Korintus 6:14 a

RENUNGAN INSPIRASI

Emory University di Atlanta baru-baru ini melakukan penelitian terhadap 3.000 responden dan menemukan kaitan perbedaan usia di antara pasangan dengan peluang mereka untuk bercerai. Pasangan dengan beda usia 5 tahun memiliki 18% kemungkinan bercerai lebih besar daripada pasangan yang beda 1 tahun, yang hanya memiliki kemungkinan 3%. Perbedaan usia 10 tahun, probabilitasnya meningkat menjadi 39%. Kesenjangan usia 20 tahun, memiliki probabilitas perceraian tertinggi yaitu 95%.
Usia sudah seharusnya menjadi pertimbangan dalam sebuah hubungan menuju pernikahan. Ada beberapa hal krusial yang harus diperhatikan untuk menjalani hubungan berbeda usia ini. Pertama, perbedaan usia membuat komunikasi di antara pasangan menjadi terbatas dan seringkali sulit untuk dapat terhubung dengan baik karena ada gap generasi yang disebabkan oleh perbedaan usia yang terlalu jauh. Hal ini lumrah terjadi karena kedua pasangan lahir dan besar dalam jaman yang berbeda, sehingga minat, kesukaan/hobby serta dunia mereka sangat berbeda. Kedua, dalam jangka panjang akan terjadi perbedaan fisik yang mencolok. Ketika wanita mulai memasuki masa menopause, atau pria memasuki masa andropause (androgen decline in the aging male), sementara pasangannya masih kelihatan muda dan bugar. Hal ini dapat menimbulkan masalah psikologis juga. Memang perhitungan dalam suatu hubungan tidak sama dengan perhitungan matematika yang bersifat pasti, masih banyak faktor-faktor lain yang membuat hubungan itu dapat langgeng. Alkitab memang tidak berbicara secara khusus tentang isu ini, namun Alkitab menekankan “kesepadanan” dalam hubungan pernikahan (Kejadian 2:18). Yang dimaksud sepadan adalah sebanding/seimbang dalam hal rohani maupun secara fisik. Setelah sobat muda mengetahui kendala-kendala yang mungkin terjadi pada pasangan beda usia, ada baiknya kamu untuk berpikir matang-matang dan mempertimbangkan potensi masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari setelah memasuki pernikahan. Ingat pernikahan hanya sekali seumur hidup, sudah seharusnya kita mempersiapkannya dengan baik. [RW]

Apakah ada sobat muda yang sedang menjalani hubungan seperti situasi di atas? Apa saja yang harus kamu pertimbangkan sebelum memasuki jenjang pernikahan?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com