HOW TO MOVE ON

Minggu,23 Februari 2020

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 46

AYAT HAFALAN

Filipi 3:13

RENUNGAN INSPIRASI

Putus cinta memang menyakitkan. Beberapa orang bahkan mengalami goncangan dalam hidupnya. Nasihat dari orang tua dan teman-teman untuk segera melupakan mantan terasa sangat sulit dilakukan. Sobat muda mungkin sudah berusaha sekuat mungkin untuk melupakannya, namun kenangan dengan mantan terus menerus menganggu pikiranmu. Kesulitan ini bisa jadi karena sobat muda keliru dalam melakukan praktiknya.

Sobat muda harus terlebih dulu mengerti cara kerja otak yang berfungsi melupakan sekaligus mengingat. Ketika kamu memerintahkan otak untuk melupakan sesuatu, hal itu justru semakin kuat diingat. Contohnya, kamu berusaha melupakan angka 8, caranya bukan dengan terus berkata-kata dalam hati untuk melupakan angka 8, tapi kamu harus mencoba terus memikirkan angka 1. Dengan sendirinya, angka 8 akan terlupakan. Di dalam otak kita, angka 8 tidak hilang, tapi fokusnya melemah karena semakin kuatnya ingatan terhadap angka 1. Melupakan jejak ingatan (neurological pathway) dengan mantan yang sudah mengakar memang tidak semudah melupakan angka 8. Tapi sobat muda sudah tahu kuncinya. Fokuskan pikiranmu kepada hal lain yang ada di depanmu. Kamu bisa mulai dari menyingkirkan benda dan kenangan yang berhubungan dengan mantan, perbanyak sosialisasi dengan orang lain, menambah jam pelayanan dan yang terpenting perbanyak waktumu dengan Tuhan. Ini akan membangkitkan harapan baru yang mempercepat pemulihan hati dan menguatkan jiwamu untuk move on (Ibrani 6:10). Tuhan begitu baik, Ia memampukan manusia untuk lupa, untuk gagal mengingat hal-hal yang menyakitkan seperti yang Ia lakukan kepada Yusuf, agar kamu dapat tetap melanjutkan hidupmu sesuai dengan tujuan (destiny)-Nya [LS]

Apakah Tuhan pernah salah merencanakan sesuatu dalam hidupmu? Mengapa begitu sulit bagimu untuk move on? Apakah kamu percaya bahwa Tuhan sudah mempersiapkan pasangan terbaik bagi masa depanmu?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com