LEBIH BAIK SEPADAN

Jum'at,21 Februari 2020

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 44

AYAT HAFALAN

2 Korintus 6:14

RENUNGAN INSPIRASI

Kata “sepadan” sama dengan sebanding atau seimbang, artinya ada kesesuaian dan keselarasan. Dalam masyarakat kita, pasangan tidak sepadan itu sudah biasa. Bahkan ada yang berpendapat lebih baik seseorang berpasangan dengan lawan karakternya dengan alasan bisa saling melengkapi. Sebuah studi yang diselenggarakan oleh University of California, menemukan bukti bahwa untuk menemukan pasangan yang tepat, kita harus memilih pasangan dengan sifat sosial yang sesuai dengan sifat kita. Dr. George Fieldman, seorang konsultan psikolog di London mengungkapkan inilah yang disebut perjodohan sepadan. Pada dasarnya, seseorang tidak memilih pasangannya secara acak. Mereka memilih orang yang memiliki banyak kesamaan. Contohnya, wanita yang memiliki hubungan baik dengan ayahnya, akan cenderung jatuh cinta pada pria yang mirip sang ayah. Bukankah kamu juga tidak akan merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan orang yang memiliki ketimpangan wawasan dan pengetahuan denganmu? Hal ini juga berlaku dalam hal penampilan, gaya hidup, hobi, dan cara berpikir. Jangan sampai akhirnya kita harus mengakhiri suatu hubungan dengan alasan“karena sudah tidak cocok lagi”atau “kita terlalu banyak perbedaan”.

Alkitab sendiri memerintahkan kita untuk mencari pasangan yang sepadan. Kesepadanan adalah kunci sebuah hubungan yang kuat. Sepadan bukan hanya soal iman. Sobat muda harus mempertimbangkan kesesuaian diri dengan pasangan secara serius. Bukan berarti harus sama persis, kesesuaian berbicara tentang perbedaan yang saling melengkapi dan menerima. Dari sekian banyak perbedaan, sobat muda harus memiliki beberapa persamaan yang cukup kuat. Ini meliputi bidang kerohanian, ekonomi, pendidikan, sosial, dan budaya.Teman dekatmu yang nanti akan jadi teman hidupmu adalah orang yang harus melengkapimu. Maka, ketika sobat muda akan menjalani sebuah hubungan dengan lawan jenis, kenalilah lebih dalam orang tersebut. Teliti dan temukanlah persamaan-persamaan di antara kalian dan pertimbangkanlah apakah ada perbedaan yang dapat memicu masalah. [LS]

Apakah kamu mau menjalani romansa yang melelahkan? Seberapa penting bagimu untuk memiliki pasangan yang sepadan? Bagaimana kamu dapat memiliki pasangan sepadan?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com