IT IS WELL WITH MY SOUL

Senin,20 Januari 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Nahum 1:7-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mazmur 12

AYAT HAFALAN

Mazmur 31:24

RENUNGAN INSPIRASI

“It Is Well With My Soul” adalah lagu inspirasional karya Horatio Spafford berdasarkan berbagai tragedi yang terjadi di hidupnya. Spafford adalah seorang pengusaha dan pengacara sukses yang juga merupakan seorang pengikut Kristus yang taat dan aktif mendukung pelayanan. Ia memiliki istri dan 5 orang anak. Tragedi pertama terjadi pada tahun 1870. Putra mereka satu-satunya yang berumur 4 tahun meninggal akibat demam berdarah. Belum bangkit sepenuhnya dari kesedihan tersebut, tragedi berikutnya datang di tahun 1871. Kebakaran besar di Chicago yang menyapu habis semua aset real estate milik Spafford sehingga perusahaannya bangkrut. Ketika keadaan mulai membaik, Spafford membawa keluarganya berlibur ke Eropa. Namun sesaat sebelum berangkat, Spafford tertahan oleh pekerjaannya sehingga ia memutuskan untuk menyusul istri dan keempat anaknya setelah urusan bisnisnya selesai. Kapal yang dinaiki istri dan anak-anaknya bertabrakan dengan kapal lainnya. Hanya dalam 12 menit, kapal tenggelam dan menewaskan 226 penumpang, termasuk keempat anaknya. Pada saat berlayar menjemput istrinya, Spafford menulis lirik lagu tersebut.

Berbagai tragedi yang menimpa Spafford mengingatkan kita akan apa yang tertulis dalam 1 Petrus 4:19. Petrus mengingatkan kita bahwa terkadang Tuhan mengijinkan penderitaan terjadi dalam kehidupan kita seturut kehendak-Nya. Saat ini apapun cobaan yang kita hadapi, seberat apapun itu, kita harus tetap mempercayakan jiwa kita kepada Sang Pencipta. Kisah Spafford mengajarkan kita tentang iman sejati. Di dalam segala pergumulan dan permasalahan, kita harus tetap beriman kepada Tuhan dan selalu percaya bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. [CK]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah pergumulan berat yang sedang Anda hadapi saat ini?
2. Pernahkah Anda merasa Tuhan meninggalkan Anda? Atau Anda yang menjauhi Dia?

POKOK DOA

Ya Tuhan, aku mempercayai kedaulatan-Mu atas setiap pergumulan dalam hidupku. Aku menyerahkan segala bebanku hanya ke dalam tangan-Mu karena aku percaya betapa baiknya rancangan-Mu. Dalam nama Yesus, aku telah berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Katakan “It Is Well With My Soul.” Tetap jaga iman teguh kita kepada Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Trusting God completely means having faith that he knows what's best for your life.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com