BERANI BERKATA CUKUP

Sabtu,09 November 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Timotius 6:3-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Nehemia 5

AYAT HAFALAN

1 Timotius 6:8-9

RENUNGAN INSPIRASI

Apa yang Anda lakukan jika Anda memiliki kekayaan senilai 79,7 miliar USD seperti Warren Buffett? Mungkin hal yang terbersit pertama kali, Anda akan membeli hal-hal yang memenuhi kepuasan Anda. Namun, meskipun terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, kehidupan Warren Buffet sangatlah sederhana. Ia masih tinggal di rumah yang ia beli pada tahun 1958, menyetir sendiri ke kantor dengan mobil yang jarang digantinya sampai benar-benar rusak, dan makan makanan yang sederhana. Buffett juga dikenal sebagai philanthropist yang sangat berdedikasi. Kehidupan Warren Buffett menunjukkan bahwa bukan harta berkelimpahan yang menentukan kualitas hidup seseorang, tetapi rasa cukup.

Kata yang paling sulit diucapkan manusia adalah kata “cukup”. Seringnya ketika kita berkekurangan, kita sering mengeluh dan membandingkan diri dengan orang lain yang tampak lebih daripada kita. Begitupula saat kita sedang berkelimpahan, rasanya kita terus merasa kurang dan terus mengejar lebih banyak. Akan selalu ada orang yang lebih kaya, lebih cakap, lebih pintar dan berbakat, serta lebih sukses dan dikenal banyak orang. Tanpa rasa cukup, kita rentan terjebak dalam rasa ketidakpuasan bahkan iri hati. Cukup adalah persoalan kepuasan hati dan hanya bisa diucapkan oleh orang yang mampu mensyukuri berkat Tuhan. Belajarlah berani untuk berkata cukup karena Tuhan selalu mencukupkan kebutuhan kita. [CK]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda berkata cukup untuk berkat yang telah Anda terima dari Tuhan?
2. Bagaimana Anda menyikapi keadaan Anda saat berkekurangan dan saat berkelimpahan?

POKOK DOA

Ya Bapa, aku mau senantiasa memiliki rasa cukup di hatiku agar aku bisa fokus mengelola apa yang telah aku miliki sekarang dengan baik. Di dalam nama Tuhan Yesus, Haleluya, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berani berkata cukup dan mensyukuri berkat Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Seseorang disebut kaya apabila sudah bisa berkata “cukup”.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com