LATIH DIRIMU BERIBADAH

Jum'at,11 Oktober 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

Pengkhotbah 4:17; pengkhotbah 5:1-6

BACAAN NDC BIBLE STUDY

2 Tawarikh 22

AYAT HAFALAN

1 Timotius 4:7b-8

RENUNGAN INSPIRASI

Ibadah yang dikenal secara umum adalah ibadah raya di hari minggu, ibadah wanita, ibadah youth, doa malam, dan lain sebagainya. Kita sudah berulang kali menjalani ibadah tersebut sampai kita hapal dengan urutan tata cara ibadah itu sendiri. Lantas, mengapa harus ada kata ‘latih’ di dalam bacaan Alkitab hari ini? Dalam satu tahun ada 52 minggu. Berarti ada 52 kali ibadah raya hari minggu, belum termasuk ibadah-ibadah lainnya. Pertanyaannya, dari 52 kali ibadah tersebut, berapa banyakkah ibadah kita yang terhitung di hadapan Tuhan? Ibadah yang diliputi dengan hati penuh kerinduan akan Dia, haus akan Firman Tuhan dengan mendengarkan khotbah pendeta dengan sungguh-sungguh, bahkan mencatat ringkasan khotbah, dan yang terpenting memusatkan pikiran hanya pada saat itu (be present at that time) dan tidak memikirkan hal-hal atau masalah lainnya yang sedang kita hadapi? Renungan hari ini mengajak kita untuk merenungkan bagaimana sikap kita dalam beribadah. Apakah kita sudah beribadah dengan sungguh-sungguh? Ataukah fokus kita masih sering teralihkan oleh pikiran-pikiran duniawi seperti rasa lapar, pergumulan berat yang mendera, hingga dorongan kuat dan tak tertahankan untuk mengecek pesan ataupun media sosial di handphone kita?

Melatih diri untuk beribadah dengan sungguh-sungguh memang tidak mudah. Ayat Alkitab mengatakan bahwa roh memang penurut tetapi daging lemah. Untuk itulah kita memerlukan komitmen kuat untuk menyalibkan kedagingan kita. Seperti halnya ujian, kita tidak mungkin berhasil dalam satu kali percobaan. Sering kali setelah beberapa kali gagal, akhirnya kita berhasil, namun kemudian ada kalanya apabila kita tidak menjaga diri dengan hati-hati, kita akan terjatuh lagi. Maka dari itu, diperlukan latihan terus menerus agar kita bisa selalu menjaga sikap kita serta memberikan diri kita untuk Tuhan saat beribadah. [CK]

REFLEKSI DIRI

1. Refleksikan pada diri Anda. Apakah Anda sudah beribadah dengan sungguh-sungguh?
2. Apa komitmen yang akan Anda ambil untuk menjalankan latihan ibadah ini?

POKOK DOA

Aku mengucap syukur atas kasih karunia dan anugerah-Mu untuk setiap ibadah yang boleh aku jalani. Biarlah ibadah ini bukan hanya menjadi ibadah yang bersifat rutinitas, melainkan bisa semakin memperbaharui hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus, amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Mari pergunakan waktu ibadah dengan berfokus hanya pada hadirat Tuhan dan terus berlatih untuk mendengarkan suara dan isi hati Tuhan untuk hidup kita.

HIKMAT HARI INI

A Sunday well spent brings a week of content.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com