UJILAH ROH!

Kamis,25 April 2019

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Yohanes 4:1-6

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hakim-hakim 9

AYAT HAFALAN

Imamat 19:31

RENUNGAN INSPIRASI

Mengapa manusia suka dengan hal-hal yang bersifat mistis/supranatural? Lebih parah lagi, manusia dengan mudah mempercayainya. Bahkan tayangan-tayangan mistis di televisi selalu mendapatkan rating yang tinggi. Hal-hal yang dirasa aneh dan supranatural, nyatanya masih saja menjadi “makanan lezat” untuk dikonsumsi. Brian Cronk, seorang psikologi dari Universitas Missouri Western Stat berpendapat hal ini karena otak kita selalu mencoba mencari jawaban dari sesuatu yang terjadi, mencari alasan mengapa hal itu terjadi, dan disaat buntu, cenderung membuat penjelasan yang terkesan mengada-ada.

Yohanes mengingatkan ada beberapa oknum tertentu menggunakan hal-hal mistis dengan tujuan menyesatkan hidup orang-orang percaya. Yohanes menyebut oknum itu adalah nabi-nabi palsu yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan maksud melemahkan iman dan menyesatkan. Para nabi palsu itu bahkan mampu menunjukkan berbagai mukjizat dalam setiap "pelayanan" yang mereka lakukan. Namun peringatan Yohanes sangat jelas, yakni jangan percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu! Apakah roh itu mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, atau malah tidak mengakuinya. Dan ujian kedua, kenalilah buahnya agar dengan demikian kita bisa mengenal seperti apakah pohonnya (Matius 12:33). Firman Tuhan mengingatkan kita akan banyaknya penyesat yang muncul di akhir zaman (2 Yohanes 1:7). Mari belajar menjaga hati agar tidak mudah terpesona pada berbagai mukjizat yang tampak di depan mata. Roh Kudus, Sang Penuntun, Dia mengajar kita untuk bersabar, mengamati, dan menguji apakah ajaran-ajaran yang mereka beritakan itu sejalan dengan firman Tuhan atau malah menentang-Nya.

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda jatuh ke dalam hal-hal supranatural yang menyimpang?
2. Apakah Anda mengalami damai sejahtera ketika Anda berada dalam pengaruh tersebut?

POKOK DOA

Bapa di Sorga, ajarlah aku untuk menghindari segala ajaran dan pengaruh-pengaruh roh jahat. Berikan aku kebijaksanaan dalam memilah setiap informasi yang datang padaku. Biarlah aku diberikan kemampuan untuk dapat menguji roh sebagaimana yang Engkau perintahkan. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berhati-hatilah dalam menyaring informasi dan pertimbangkanlah sumbernya. Pikirkan terlebih dahulu apakah hal itu sesuai dengan Firman Tuhan atau sebaliknya. Jangan mudah percaya pada berita-berita yang masih dipertanyakan kebenarannya sesuai dengan Firman Tuhan dan tetap berpegang teguh pada ajaran Kristus.

HIKMAT HARI INI

Setiap pengajaran yang tidak menjadikan Kristus sebagai sentral merupakan penyimpangan yang mengancam hakikat iman.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com